Selasa, 23 Juni 2020

Fakta ikan Botia macrachantus tiger / badut

Fakta ikan Botia macrachantus tiger / badut

Ikan Botia Macrachantus merupakan ikan hias air tawar dan banyak sekali peminatnya baik di Indonesia dan Luar negeri. Ikan bersungut ini sangat berpeluang ekspor karena permintaannya yang selalu stabil di pasaran kita bisa melihatnya di Youtube bagaimana ratu ikan hias ini selalu menjadi populer dikalangan pecinta ikan hias. 

Berikut adalah beberapa fakta-nya ikan yang berjuluk badut/tiger.

1. Ikan ini banyak hidup di beberapa sungai di Indonesia seperti di Kalimantan dan Sumatra.

2. Menurut referensi buku bahwa penjualan Botia dimulai sejak tahun 1935.

3. Ikan ini sudah bisa ditangkarkan dengan cara kawin suntik. Dengan cara ini penangkapan dari alam bisa dperkecil juga menjaga dari kepunahan.

4. Ikan cantik ini memiliki patil di sekitar bagian kepala tepatnya di bagian mata. Harap hati-hati jika ingin memegangnya.

5. Ukurannya bisa mencapai 30 centi meter. Kita bisa melihatnya di channel youtube de Hakim.

6. Di alam aslinya senang hidup berkelompok dan bersembunyi di bebatuan dan ranting kayu yang tenggelam. Jika dipelihara dalam aquarium maka beli ikan 5 sampai 6 ekor agar terlihat tingkah lakunya yang lucu dalam aquarium.

7. Ikan ini senang mengaduk-ngaduk makanan yang ada dalam lumpur.

8. Gaya yang unik dari ikan Botia adalah sering tidur tergeletak seperti kelemasan hal ini membuat tontonan menarik bagi pemeliharanya dalam aquarium.

10. Makanan kesukaannya adalah berupa cacing berukuran kecil, kita bisa memberikan cacing sutra yang kini sudah banyak di jual secara online.

11. Ikan ini juga senang memakan sayuran seperti cucumber atau ketimun. Saya menontonnya di youtube dimana ikan ini lahap sekali memakan ketimun yang sudah di belah dua dan di kupas kulitnya.

Artikel ini sebagian mengutip dari buku "Sukses berbisnis dari budidaya Botia" yang dikarang oleh M. Ghufran H. Kordi K. Buku yang khusus mengulas tentang Botia macrachantus lengkap dengan cara-cara budidayanya menggunakan teknik kawin suntik.



Kuningan Juni 2020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan