Minggu, 25 Oktober 2020

Makanan untuk Kutu air (Daphnia)

Kutu air saat ini menjadi komoditas penting untuk pakan ikan berukuran kecil seperti Cupang dan anakan burayak baik hias atau konsumsi. 

Pakan hidup alami sangat disukai oleh ikan-ikan kecil bahkan ikan berukuran besar bisa mengkonsumsinya jika kutu air sudah dibekukan dalam pendingin freezer karena kutu air daphnia sudah diperjual belikan dalam keadaan beku dan dikemas dalam kemasan tahan air dan udara.

Bagi rekan-rekan yang ingin membudidayakannya bisa dilakukan dengan ruangan yang sederhana dan agar lebih bagus dalam membudidayakannya tersinari oleh matahari agar lebih optimal. 

Untuk skala kecil kita bisa memulainya dari wadah baskom plastik 

Pelihara Daphnia di baskom merah

lalu membeli paket starternya di toko online atau mencari di tempat peraiaran yang banyak ditumbuhi kutu air di alam seperti di perairan kali,  cirinya pada perairan kali adalah  ada sekumpulan warna merah halus pada permukaan air.

Setelah mendapatkan daphnia, segera masukan dalam wadah baskom plastik dan biarkan hidup dengan memberikan pakannya.

Makanan Kutu air

Kotoran puyuh

Menurut praktisi youtuber Herdi Susanto kotoran puyuh yang sudah dihaluskan dan dicampur air juga cocok untuk makanannya.

Pelet udang 48

Menurut pengalaman pribadi saya, kutu air saya beri pakan pelet udang yang sudah diberi air lalu kocok dan beberapa saat kemudian cairan tersebut diberikan ke kerumunan kutu air atau sering disebut daphnia. 

Sayuran bekas

Lalu ada juga praktisi yang punya pengalaman lain yaitu wortel, bayam bekas yang diiris tipis, lalu masukan dalam air yang berisi kerumunan kutu air. Sayuran akan lembut didalam air dalam beberapa lama tentunya akan mempermudah saat dimakan.  Saya pribadi juga sedang praktek memberikan pakan sayuran bekas.

Pemberian makan nya jangan terlalu banyak cukup sedikit saja misalnya untuk cairan pelet udang 48 satu sendok teh saja dalam satu wadah baskom.

Semoga info pakan untuk kutu air ini dapat bermanfaat 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan