Minggu, 27 Agustus 2023

Hobi pelihara koi berkualitas di kolam beton Linggaindah

Hobi pelihara koi berkualitas

Anggi Anggara seorang penghobi ikan koi juga sebagai ketua ranting Partai Demokrat di Desa Linggaindah Kecamatan Cilimus Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Anggi dikenal sebagai orang yang aktif di bidang sosial kepemudaan di desa, namun di balik kesibukannya tersebut kang Anggi juga memiliki hobi yang cukup unik dan bisa menghasilkan uang yaitu memelihara beberapa ikan hias koi.

Hobi pelihara koi berkualitas desa Linggaindah
Pelihara dan pembesaran koi di kolam beton menghasilkan uang

Anggi sudah mulai memelihara ikan koi atau ikan hias sudah dari sejak lama dan memang hobi pada dunia perikanan khususnya ikan hias yang bisa tumbuh besar seperti koi. 

Menurutnya ia menyukai ikan koi karena keindahannya yang abstrak dan memiliki berbagai macam warna dan pola yang menarik seperti Kohaku dan Tancho. Selain itu ikan samurai ini juga memiliki daya tahan tubuh yang kuat.

Koi linggaindah
Koi Sanke tiga warna pola abstrak

Awalnya hanya memelihara beberapa ikan koi di kolam beton depan rumah, kini seiring berjalannya waktu hobinya tersebut semakin berkembang yaitu akan mulai membangun kolam ikan koi yang berukuran besar.

Ilmu tentang ikan koi dipelajari dari buku yang dibeli di Gramedia dan info-info di internet juga sering berkonsultasi dengan para ahli budidaya dan penghobi ikan koi di daerah Kuningan.

Berkat ketekunan dan kegigihannya kang Anggi berhasil membesarkan ikan koi yang berkualitas baik dan layak untuk didaftarkan sebagai ikan kontes untuk daerah Cirebon dan Kuningan.

Anggi berharap hobinya tersebut dapat menjadi inspirasi bagi teman dan masyarakat lain untuk mengembangkan usahanya di bidang ikan hias dan Ia juga berharap hobinya tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desanya karena sumber airnya ada.

Berikut adalah beberapa tips dari Anggi  untuk memulai budidaya ikan koi di kolam beton:

1. Pelajari cara pembesaran ikan koi secara baik dan benar.

2. Pilih jenis ikan koi yang tepat untuk dibudidayakan, calon ikan yang akan dibesarkan bisa dibeli di counter ikan koi yang khusus menjual bibit berkualitas baik dan tahu asal usulnya agar bisa tumbuh jumbo berukuran besar.

3. Lakukan perawatan yang baik terhadap ikan koi seperti pemberian pakan dan membeli obat-obatan khusus koi.

4. Dapatkan akses ke pasar yang tepat untuk menjual ikan koi, kita bisa memasarkan ikan koi pada penghobi ikan hias di daerah Cirebon dan Kuningan.

Walaupun dipelihara dalam kolam beton berukuran sedang namun bisa mendatangkan para penghobis koi dan bisa menjual dengan harga yang lumayan dan menguntungkan.

Dengan mengikuti tips-tips tersebut diharapkan juga bisa membudidayakan koi dengan baik dan juga bisa menghasilkan uang dari pembeli yang hobi ikan hias koi.


Semoga artikel ini bermanfaat 



Kuningan Agustus 2023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan