Minggu, 22 November 2020

Makanan berprotein untuk larva ikan mas

Salah satu makanan berprotein untuk larva ikan mas yang masih seukuran jarum adalah kuning telur yang sudah direbus bersama cangkang telur. Kuning telur yang sudah direbus dapat dihancurkan dengan mudah dan tentu saja bagian kuning telur yang sudah tercerai berai tersebut dapat dengan mudah dimakan oleh larva.

Berikut adalah langkah-langkah cara membuatnya :

1. Rebus telur sampai benar-benar matang dan ambil kuning telurnya saja.

2. Kuning telur yang sudah membentuk bulat (matang) dihacunrkan diremas bersama dengan air yang bersih hingga benar-benar menyatu dengan air dan berwarna kuning. Saya pribadi sesuai takaran setengah gayung saja.

Hanya perlu dua langkah dan mudah dilakukan. Lalu cipratkan air berisi kuning telur yang sudah dihancurkan tersebut dan berikan pada larva ikan secara merata dalam kolam pemeliharaan.

Perlu diperhatikan, agar pada saat pemberian makanan ini selalu ada air baru yang masuk dan air keluar secara bersamaan, dengan tujuan agar air di wadah pemeliharaan larva selalu tetap segar. Karena bau telur yang amis lama kelamaan akan menimbulkan amoniak yang dapat membahayakan larva. 

Ciri larva ikan mas sudah memakan makanan dari kuning telur rebus adalah warna akan berubah drastis yaitu pada bagian tubuh ikan yang masih trasparan tersebut akan berwarna putih ke kuningan.

larva ikan mas
Larva ikan mas umur 5 hari makan rebusan telur yang sudah dicampur air 

Keterangan :

- Ada naungan diatas kolam bioflok agar sinar matahari dapat diredam, sinar matahari yang terik dapat menimbulkan alga yang berlebihan. Alga dalam kolam yang tumbuh didasar sewaktu-waktu bisa membuat larva terjebak. 

kolam bioflok diameter 3

- Kran air masuk dan tempat air keluar.

- Pemberian pakan ini dilakukan pada larva ikan dihari ke tiga dikarenakan masih tersedia cadangan makanan yang sudah ada sejak menetas.

- Selama pemeliharaan larva saya selalu memasukan air baru dengan volume yang kecil, sekiranya air selalu fresh dan ikan tampak sehat.

- Tinggi air pemeliharaan 10 cm.

- Wadah pemeliharan kolam bioflok ukuran diameter 3.


Semoga infonya dapat bermanfaat dan diharapkan dengan cara ini larva ikan mas bisa tumbuh dengan baik dan sehat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan