Senin, 19 Agustus 2024

Desa wisata Cibuntu Kuningan

Desa Wisata Cibuntu di Kuningan memang sering disebut sebagai surga tersembunyi dengan keunikan dan pesonanya yang mampu memikat hati para wisatawan untuk mencari ketenangan dan pengalaman berbeda. Desa wisata ini terletak di kaki Gunung Ciremai dengan pesona alam yang menakjubkan serta keunikan budaya masyarakatnya yang masih terjaga.

Potensi wisata desa telah diakui hal ini terbukti dari keberhasilannya meraih peringkat 5 besar homestay terbaik di ASEAN pada tahun 2016 dan peringkat 2 desa wisata terbaik dalam ajang Community Based Tourism tahub 2017. Lokasinya yang strategis di kaki Gunung Ciremai menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Menurut info bahwa desa yang masih asri ini sebelumnya merupakan bekas galian batu dan pasir, namun berkat inisiatif masyarakat dan dukungan pemerintah, daerah ini berhasil ditransformasi menjadi sebuah desa wisata yang asri dan menarik proses revitalisasi ini dimulai pada tahun 2012.

Salah satu daya tarik utama Desa Cibuntu adalah keindahan alamnya yang masih sangat alami dan pemandangan perbukitan hijau, perairan yang jernih dan udara segar akan membuat pengunjung merasa jauh dari hiruk pikuk kota sehingga menarik perhatian para wisatawan baik lokal maupun mancanegara

Masyarakat juga sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kelestarian lingkungan seperti menerapkan berbagai upaya untuk menjaga kelestarian alam misalnya pengelolaan sampah yang baik dan pertanian yang masih menggunakan metode alami yang mana berhasil mempertahankan kearifan lokalnya seperti dapat melihat langsung bagaimana masyarakat hidup rukun, gotong royong, dan menjaga tradisi leluhur.

Salah satu Desa Wisata terbaik di Indonesia ini menyediakan berbagai pilihan akomodasi mulai dari homestay hingga penginapan yang lebih mewah. Selain itu para pengunjung juga bisa menikmati berbagai aktivitas menarik seperti trekking, bersepeda, atau mengikuti kegiatan adat istiadat masyarakat setempat seperti pertunjukan sedekah bumi.

Desa Wisata Cibuntu tidak hanya memperlihatkan keindahan alam yang menenangkan tetapi juga menyediakan fasilitas penyewaan mobil offroad (WOC) bagi pengunjung yang menyukai petualangan dengan mobil di trek medan tanah yang menantang. Dengan medan yang menantang dan pemandangan alam yang indah, Wisata Offroad Cibuntu akan menjadi ikon olahraga mobil offroad di desa paling ujung di Kuningan.

Desa ini juga dikenal dengan peternakan kambing dan domba berkualitas baik saat admin melihat di lokasi kambing-kambing yang dipelihara oleh peternak terlihat gemuk dan sudah dicukur bulu agar pertumbuhannya lebih optimal dan agar terhindar dari kutu pada kambing yang bisa menyebabkan terjangkit penyakit.

Menurut info yang admin dapat bahwa peternakan kambing yang terpisah dari pemukiman warga desa ini selalu diberi pakan hanya rumput dan tanaman liar dari sekitaran Gunung Ciremai yang sangat disuka kambing yang mana tanaman rumput seperti rumput odot dan perpaduan tanaman lain bisa menghasilkan daging kambing yang sangat berkualitas baik. Selain menikmati keindahan alamnya yang asri pengunjung juga dapat memesan daging kambing guling segar dari peternakan lokal saat menginap di wisata camping.

Desa Wisata Cibuntu di Kuningan adalah destinasi yang sangat cocok bagi yang ingin melepas penat dan mencari ketenangan. Keindahan alam, kearifan lokal, dan keramahan masyarakatnya akan membuat kunjungan wisatawan semakin berkesan. Keberhasilan Desa Cibuntu dalam mengembangkan potensi wisatanya tidak terlepas dari kerja keras masyarakat dan berbagai pihak terkait dan dibuktikan dengan sejumlah prestasi yang telah diraih.

Semoga infonya bermanfaat.



Kuningan Agustus 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan