Sabtu, 03 Agustus 2024

Ikan Redtail Payara predator

Redtail Payara, dengan nama ilmiah Hydrolycus tatauaia adalah ikan air tawar yang sangat ditakuti karena penampilannya yang mencolok dan sifatnya yang predator. Sesuai dengan namanya ikan ini memiliki ekor merah yang sangat kontras dengan tubuhnya yang keperakan. Ciri paling menakutkan adalah gigi-giginya yang besar dan tajam, mirip dengan gigi vampir, sehingga sering disebut "Tetra Vampir".


Habitat asli ikan vampir ini berasal dari cekungan Sungai Amazon di Amerika Selatan, ikan ini hidup di perairan yang mengalir deras dan kaya oksigen. Di alam aslinya ikan bisa tumbuh sangat besar, mencapai panjang hingga 117 cm dan berat sekitar 18 kilogram seperti yang diinfokan situs predatoryfins.com , namun dalam perdagangan ikan hias biasanya dijual ukuran lebih kecil.

menurut info dari situs seriouslyfish.com ikan ini suka hidup di bagian tengah sungai yang besar dan anak-anak sungai. Baik di sungai yang airnya jernih maupun yang agak gelap. Saat musim hujan, biasanya antara pada bulan November sampai April ikan dewasa akan berenang jauh ke hulu sungai untuk bertelur. Setelah menetas anakan ikan lebih suka tinggal di sungai-sungai kecil atau di hutan yang tergenang air.

Penampilannya yang garang dan sifat predatoryang agresif telah menjadi idola di kalangan penghobies ikan predator kombinasi dari warna merah menyala pada sirip ekor dengan tubuh yang ramping dan gigi-gigi tajam membuatnya terlihat sangat eksotis dan menarik. Dengan keindahan dan kelangkaannya menjadikannya salah satu ikan hias predator yang paling dicari dan memiliki harga yang tinggi di pasaran. Ikan vampir ini yang dijual berukuran 14 sampai 15 cm dihargai cukup tinggi yaitu dikisaran harga Rp. 2,5 juta perekor. 

Saat memelihara Redtail Payara perlu perhatian khusus karena ukuran dan sifat alami predatornya, ikan ini membutuhkan aquarium yang agak besar dan kondisi perawatan ekstra. Dan perlu diperhatikan juga untuk melakukan riset secara mendalam untuk mengetahui karakternya sebelum memutuskan untuk memelihara ikan ini seperti mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang, mulai dari ukuran aquarium hingga ketersediaan makanan hidup.

Semoga infonya bermanfaat.



Kuningan Agustus 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan