Selasa, 04 September 2012

Aktifitas yang membuat panjang umur ala riset Dr. Mao

Sebuah studi dalam jurnal Nature Genetics menunjukan, sebagian orang secara genetika lebih cepat tua dibanding yang lainnya. Para periset menduga, penyakit yang terkait dengan umur seperti penyakit jantung dan jenis kanker tertentu lebih terkait erat dengan biologis ketimbang usia kronologis. Jadi, jika leluhur kita sampai usia lanjut berarti kita juga berkemungkinan mengikuti jejak mereka, apapun diet , gaya hidup atau tingkat aktivitas yang kita lakukan.

Apakah juga berarti orang-orang atau orang tua terdahulu yang meninggal muda dengan penyakit keturunan akan bernasib sama dengan keturunannya ? Apakah kita hanya sebuah bom waktu yang tinggal menunggu waktu berdetak untuk meledak ? menurut Dr. Mao tidak begitu, banyak bukti yang menunjukan, bahwa kita bisa menghindari kebiasaan-kebiasaan tertentu atau menghindari senyawa-senyawa sehingga gen buruk itu tidak muncul. Sebaliknya jika kita mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang dapat meningkatkan kesehatan seperti olahraga dan tertawa setiap hari, kemungkinan kita bisa panjang umur.

Setelah mewawancarai dan meneliti seratus orang cina yang berumur 100 tahun dan riwayat keluarga mereka, Dr. Mao menemukan, nature dan nurture berperan sama pentingnya dalam penuaan. Dalam banyak kasus, nurture justru berperan lebih besar. Sebagian orang berumur 100 tahun itu adalah petani dan buruh serta kesehatannya buruk dimasa muda. Orang tua atau kakek, nenek mereka meninggal dunia pada usia muda. Mungkin dari masa muda yang susah mereka belajar untuk merawat diri secara lebih baik.

Sebagai contoh , banyak diantara mereka yang latihan taichi, olahraga mediatif tradisional di Cina. Untuk menguatkan vitalitas dan meningkatkan kesehatan, yang lainnya menggunakan jamu cina untuk kesehatan dan panjang umur sebagai bagian dari diet mereka. Kebanyakan orang umur 100 tahun itu tidak merokok, tidak minum alkohol dan tidak obese.

Untuk pasiennya, Dr. Mao merancang gaya hidup yang meningkatkan kesehatan, kesejahteraan dan panjang umur. Berikut, 5 aktivitas yang disarankan :

Tertawa
Riset menemukan, tertawa dan kegembiraaan meningkatkan fungsi imun, terutama produksi sel-sel pembunuh alamiah yang membantu melindungi tubuh dari penyakit dan kanker. Tertawa juga meningkatkan endorphih, senyawa yang memberi rasa sejahtera di dalam otak. Tak diragukan lagi, orang bahagia lebih panjang umur dan hidup lebih sehat.

Minum teh
selain berkhasiat anti kanker dan menurunkan kolesterol, daun teh yang kaya antioksidan juga melindungi otak dari kerusakan-kerusakan radikal bebas, menguatkan tulang dan menurut studi-studi yang diterbitkan dalam journal of American Medical Association, menurunkan risiko kematian dari semua bentuk penyakit kardiovaskular.

Rileks dengan meditasi
Stres adalah akar penyebab kebanyakan penyakit yang memperpendek umur . Stres akan terus meningkat dalam masyarakat modern kecuali jika kita mencari teknik untuk mengelolanya. Meditasi adalah cara terbaik untuk melepaskan ketegangan dan revitalisasi. Juga menenangkan pikiran, menurunkan hormon stres dan mengajarkan disiplin diri sendiri yang diperlukan untuk meraih tujuan kesehatan dan panjang umur. Cobalah melakukan meditasi dengan sederhana dirumah seperti melakukan duduk nyaman di kursi atau dilantai. lakukan pernapasan seperti biasa dan pejamkan mata. Setiap kali muncul satu pikiran, buatlah angan-angan misalnya memasukan pikiran itu kedalam sebuah balon dan biarkan balon itu terbang ke langit dan lenyap (berusaha fokus), lakukan hal ini berkali-kali sampai pikiran itu kecapekan sendiri. Sesudah beberapa saat, badan akan terasa ringan dan pikiran kita akan menjadi tenang. Pada tingkat permulaan mungkin susah, tetapi sesudah latihan akan jadi lebih mudah dan lebih cepat.

Tingkatkan sirkulasi dengan pijat
Pasien Dr. Mao banyak yang mengatakan tak bisa hidup tanpa pijat, banyak studi yang menunjukan khasiat pijat, antara lain meredakan sakit dan kaku, meningkatkan imunitas, mengurangi keresahan dan depresi, menurunkan stres dan tekanan darah serta meningkatkan sirkulasi. Pijat terdiri dari berbagai jenis, sebagian untuk rasa nyaman dan yang lainnya lebih therapeutic. Tuina adalah pijat medik dalam pengobatan Cina yang digunakan untuk mengatasi berbagai kondisi, mulai dari meredakan sakit dan meningkatkan kesuburan sampai aktivasi kelenjar getah bening dan detoksifikasi.

Olah raga secara teratur
Banyak sekali manfaat dari program olahraga sehari-hari, Olahraga secara teratur membantu meningkatkan kesejahteraan fisik, menguatkan sistem imun, menjaga mobilitas sendi. Cari kesempatan di sepanjang hari untuk melakukan aktifitas fisik seperti jalan kaki, berlari, atau bersepeda misalnya naik tangga ketimbang naik lift.

Kebiasaan panjang umur yang sehat ini diadaptasi langsung dari yang teruji waktu oleh orang-orang berumur 100 tahun di seluruh dunia. Bisa dipastikan kebiasaan ini dapat mengubah dan merejuvenasi kita.

Sumber : Tabloid

Artikel terkait tentang kesehatan :
-Apa itu propolis dan manfaatnya
-Kandungan dan manfaat daun pepaya
-Tanaman hias pembersih racun udara di dalam rumah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

situs 3gp

Blog list