Selasa, 28 Maret 2023

Pengalaman lihat kalong besar di Linggarjati - Kuningan

Artikel ini adalah pengalaman admin blog dc pada tahun 90an tentang melihat kelelawar ukuran besar (kalong) yang ditemui di Obyek Wisata Linggarjati Indah Kuningan. 

Tanggal waktu melihat sudah lupa namun masih ingat bahwa Kelelawar berukuran besar ini keluar dari pohon- pohon tua yang dilindungi oleh Dinas Kehutanan. 

Posisi melihat kelelawar besar di dekat kolam lama Ikan Dewa dan di lingkungan ini ada sebuah pohon besar dan tinggi tempat kelelawar keluar. 

Bagi rekan-rekan yang sudah pernah ke Obyek Wisata Linggarjati Indah di Kuningan mungkin tahu lokasi yang dimaksud karena Kolam Ikan dewa di Linggarjati sering kali dikunjungi.

Pada saat itu Kelelawar keluar di sore hari, kalau tidak salah ingat menjelang waktu maghrib dan keadaaan sudah sepi pengunjung. Admin belum memiliki kamera digital instan seperti sekarang dan tidak ada bukti dokumentasinya.

Bentuk Fisik-Kelelawar memiliki fisik sangat besar dan bentangan sayapnya sangat lebar dan tidak bisa dirinci karena jarak pandang dari bawah keatas diperkirakan 13 meter, pada saat terbang kedua sayapnya dikepakan dengan seimbang dan meluncur cepat ke arah Timur, uniknya Kelelawar terbang sendiri tidak ditemani dengan kelelawar lain yang biasanya berkoloni atau berkelompok.

Sebagai gambaran yang admin blog dc temukan infonya di internet kemungkinan Kelelawar ini adalah sejenis Pteropus Vampyrus yang dikenal sebagai Kalong berukuran besar, menurut info rentangan sayap bisa mencapai 1,7 meter dan bobot tubuh sekitar 1,4 kilogram. kelelawar Kalong ini tersebar di Asia Tenggara termasuk di Indonesia.

Semoga Info pengalaman ini dapat bermanfaat dan membantu



Kuningan Maret 2023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan