Senin, 25 September 2023

Usahawan muda - Antio Mico Budiandana

Adalah profil Antio Mico Budiandana salah satu usahawan muda dari Kuningan Jawa Barat yang bergerak dibidang budidaya perikanan dan otomotif. 

Menurut penuturannya setelah lulus sekolah menengah atas di Jakarta Mico memutuskan untuk  ke Palembang untuk melanjutkan pendidikannya di Universitas Sriwijaya di jurusan hukum. 

Jiwa wirausahanya tumbuh saat membantu saudaranya di Palembang menjadi marketing dekorasi Wallpaper impor  sampai selesai Kuliah.

Selesai kuliah ia mulai merintis usaha mandiri yaitu budidaya pembesaran lele bersama temannya, pada saat itu usaha budidaya pembesaran lele yang dikelola masih berskala kecil memakai wadah drum - drum plastik dan dijual langsung ke warung pecel lele di Jakarta. 

Berjalannya waktu kini ia berhasil memperluas lahan budidayanya dan meningkatkan produktivitasnya yaitu pembesaran ikan nila dan nilem di Desa Linggaindah Kecamatan Cilimus memanfaatkan kolam berukuran besar milik keluarga yang tidak dikelola. 

Menurutnya kebutuhan ikan nila dan nilem disekitar Cirebon dan Kuningan memiliki pasar yang bagus dan hasil panen dibeli oleh bandar ikan konsumsi dari Majalengka dan Kuningan. 

Khususnya untuk pembesaran ikan nila memakai full pelet pabrikan agar ikan cepat tumbuh dan sesuai target rasio pakan yang diberikan. Hasil panen Ikan sangat bagus dan diminati oleh bandar karena berdaging tebal.

Kini usaha perikanan diserahkan pada seorang karyawan kepercayaannya bertugas memberi pakan ikan dan akan menghubunginya saat akan transaksi penjualan ikan yang berada dalam dua jaring apung yang terbuat dari pipa pvc.

Pembesaran Nila jaring apung paralon di Kuningan
Dokumentasi Nila Jaring Apung pipa pvc

Ia mendapat ilmu perikanan dari seringnya menonton video di Youtube dan dari salah satu temannya yang sudah lebih dulu sukses berhasil mengelola 200 kolam pembesaran ikan Nila dan sudah memiliki database pelanggan.

Selain budidaya perikanan Mico juga memiliki usaha auto detailing atau salon mobil profesional di daerah Cempaka Putih Jakarta Timur. Menurutnya peluang untuk membuka usaha auto detailing di Jakarta  masih terbuka lebar karena kendaraan mobil di Jakarta membutuhkan perawatan khusus. 

Usaha salon perawatan mobil bergaya Amerika ini sudah berjalan pada pertengahan tahun 2023 melayani mobil segala jenis merek seperti sedan dan mpv, mobil akan dilayani totalitas sampai bersih hingga memakan waktu sekitar 20 jam. Harga jasa paket lengkap auto detailing artisan satu mobil bisa mencapai 6 juta Rupiah.

Usaha auto detailing artisan ini berlokasi di Kawasan Cempaka putih Jakarta Timur di kawasan Taman Solo sebagai patokan tidak jauh dari Gedung Kantor Gudang Garam.

Berbekal pengalaman bekerja di Bank DKI Jakarta membuat Mico luwes dalam ilmu managemen, maka bidang usaha yang digeluti dihitung dengan cermat serta kiat-kiatnya untuk menguasai sistem yang akan dikembangkan dalam usahanya.

Kesuksesan Mico dalam berbisnis tidak lepas dari kerja keras dan kegigihannya, ia selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik dan konsisten untuk mengembangkan usahanya. 

Kisah keberhasilan Mico dalam menjalankan dan perluasan usaha bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang bahwa kesuksesan dapat diraih dengan kerja keras, kegigihan, dan pantang menyerah. 

Semoga artikel ini dapat menginspirasi rekan pembaca untuk mewujudkan usaha yang menguntungkan.


Kuningan September 2023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan