Jumat, 07 Juni 2024

Air RO untuk air aquarium

Air RO atau singkatan dari Reverse Osmosis merupakan air yang layak minum yang dihasilkan melalui proses penyaringan canggih menggunakan membran sebagai proses pengolahan air baku bersih. Teknologi ini mampu menyaring air hingga tingkat molekuler sehingga menghasilkan air yang lebih aman untuk diminum. Teknologi penyaringan mutakhir ini mampu menghasilkan air tanpa kandungan mineral dan merupakan metode yang efektif untuk menurunkan TDS air.

Air dengan kandungan mineral selama ini aman-aman saja untuk digunakan seperti memelihara ikan hias di aquarium asalkan selagi tingkat TDS air tidak tinggi yang bisa menyebabkan dampak kurang baik pada pemeliharaan ikan hias. Salah satu contoh sederhana tingkat TDS pada air tinggi adalah akan tercium seperti bau logam atau bau karat. Menurut info kadar air dengan TDS 50 sampai 150 baik untuk diminum dan 300 sampai 500 tidak baik untuk diminum.

Saat ini beberapa penghobi ikan hias di Indonesia ada yang memakai air RO untuk memelihara ikan hias di aquarium seiring dengan meningkatnya kesadaran akan estetika dan nilai relaksasi yang ditawarkan aquarium, banyak orang mulai mencari cara untuk memberikan habitat terbaik bagi ikan hiasnya. Menurut aquatechwatersystems.com bahwa air yang sudah melewati sistem filter RO akan menghasilkan air yang lebih baik hasilnya adalah air bersih yang bebas racun, logam berat, dan kontaminan berbahaya lainnya sehingga ideal untuk air dalam aquarium dan ikan yang hidup di air RO akan lebih sehat aktif, dan memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat.

Hal ini juga pernah dilakukan oleh salah satu farm ikan hias besar yang berada di Tanggerang Banten yang mana menggunakan sistem water treatment mumpuni yang sudah dihitung dan dirancang oleh Om Edu yaitu terdapat 6 buah tangki besar berkapasitas 8700 liter sebagai water treatment, yang menurutnya kadar TDS air yang cukup tinggi dan menggunakan sistem RO (Reverse osmosis) yang nantinya akan ada dua jenis air yang akan digunakan yaitu air yang cocok ikan untuk kondisi soft dan air untuk ikan yang cocok pada air kondisi hard. Untuk pembagian air maka ada kran yang diberi tanda atau tulisan menggunakan warna khusus sehingga akan memudahkan staf untuk mengisi air untuk ikan-ikan tertentu seperti warna biru untuk air (RO) dan warna putih untuk air lebih hard atau kadar air TDS tinggi. Menurut info yang admin dapat mesin RO yang digunakan bisa mengolah air tanah untuk pemenuhan air aquarium untuk raising dan pembiakan ikan sekitar 2000 liter perjam.

Menurut admin air aquarium yang menggunakan sistem RO untuk umumnya lebih mahal daripada filter air lainnya seperti perawatan membran RO perlu diganti secara berkala tergantung pemakaian dan mengenai harga memang tergolong tinggi. Secara keseluruhan Mesin RO dapat menurunkan TDS air dan menghasilkan air yang lebih murni juga bisa digunakan untuk pemeliharan ikan jenis tertentu dalam aquarium yang cocok dengan air RO. Mungkin ada alasan tersendiri bagi penghobi yang menggunakan air RO untuk pelihara ikan hiasnya karena air yang sudah layak minum dan mengandung mineral yang 50 sampai 150 ikan-ikan yang dipelihara masih bisa hidup.

Semoga infonya bermanfaat.



Kuningan Juni 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan