Jumat, 14 Juni 2024

Peran Nusatic dan Nusapet untuk keanekaragaman hayati di Indonesia

Acara event tahunan Nusatic dan Nusapet yang digelar pada tahun 2024 adalah pameran ikan hias terbesar di dunia dan digelar setiap satu tahun sekali. Nusatic juga merupakan tempat informasi pasar ikan hias domestik dan internasional yang di selenggarakan oleh orang Indonesia yang membantu beberapa pelaku usaha ikan hias dari sejak tahun 2016. 

Adapun Nusapet adalah pameran hewan peliharaan yang diadakan bersamaan dengan Nusatic pada tahun 2024 yang mana menghadirkan berbagai jenis hewan peliharaan seperti burung-burung eksotis, kucing, dan musang untuk penghobi hewan peliharaan yang sudah terbilang jinak.

Ditempat ini menyelenggarakan berbagai kontes ikan hias untuk para penghobi yang ingin mengadu keindahan dari kualitas ikan peliharaan mereka. Kontes ini menjadi ajang bergengsi bagi para penghobi ikan hias untuk memperlihatkan koleksi terbaik yang nantinya akan mendapatkan pengakuan atas keahlian dan teknik dalam memelihara ikan. Bahkan dari beberapa video youtube ditempat ini juga ada ajang lelang ikan hias yang sudah menang kontes.

Berbagai jenis ikan hias dari seluruh perairan dunia dimulai dari ikan air tawar seperti arwana, cupang, guppy, dan koi. Pengunjung dapat melihat langsung keindahan dan keunikan berbagai jenis ikan hias berkualitas kontes. Menurut info yang admin dapat dari beberapa situs berita di internet event ini bisa menampilkan 20.000 ekor ikan hias dari seluruh penjuru Indonesia dan ditargetkan dapat menarik 30.000-40.000 pengunjung. Berdasarkan data dari situs resminya Nusatic.id dari tiap tahun penyelengarannya terus mengalami peningkatan seperti pengunjung, eksponen, peserta dan nilai pendapatannya.

Peran Nusatic dan Nusapet

Menurut admin, berdasarkan dari hasil pembicaraan Irfan Hakim saat datang sebagai pembicara di konferensi untuk pembukaan Nusatic 2024, bahwa penting sekali untuk menjaga kualitas dari ikan hias itu sendiri seperti menjaga kualitas induk dan menjaga genetiknya. 

Sebagai contoh negara Jepang dengan ikan Koinya yang dikenal ketat dalam hal sortir ikan dan menjaga genetik indukannya sehingga harganya stabil dan tidak jatuh pamornya dan sampai sekarang koi asal Jepang masih menjadi nomor satu di dunia. Maka peran Nusatic (Nusantara aquatic) di Indonesia bisa mendongkrak harga ikan hias hasil dari breeder yang mengetahui asal-usul genetik untuk menjaga kualitas terbaik dan bertanggung jawab dalam membudidayakannya.

Perlunya kolaborasi dengan beberapa pihak terkait agar bisa dan ada upaya untuk mengembangkan aneka satwa di Indonesia yang begitu kaya dengan potensi keanekragaman jenis hewan. Industri ikan hias dan hewan peliharaan itu perlu branding dan promosi, bentuk upaya promosi adalah adanya beberapa media online yang mana dapat berpartisipasi memberikan info-info dan mengenalkan tentang ikan hias dan hewan peliharaan eksotis asli Indonesia.

Indonesia sebagai negara yang terletak di garis equator sangat memungkinkan terdapat keanekaragaman jenis hewan air dan darat asli dari yang bersisik dan berbulu yang mana sangat menarik dari segi bentuk fisik dan warna. Letak geografisnya yang strategis di garis khatulistiwa menjadikannya habitat ideal bagi berbagai jenis hewan baik air maupun darat yang memikat bagi siapa saja yang melihat.

Kehadiran Nusatic dan event yang terbaru Nusapet dapat meningkatkan minat masyarakat terhadap ikan hias dan hewan peliharaan lainnya. Acara ini juga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif di bidang ini, terutama bagi para pelaku usaha terkait sehingga event tahunan ini dapat menjadi platform atau wadah untuk edukasi dan peningkatan pengetahuan masyarakat tentang cara merawat hewan peliharaan dengan baik yang banyak diminati penghobies.

Semoga infonya bermanfaat.



Kuningan Juni 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan