Selasa, 04 Juni 2024

Ikan Discus Albino yang menawan

Ikan discus albino yang sekarang ada di pasaran ikan hias sudah cukup lama memikat para penghobi ikan karena keindahannya yang luar biasa. Pesona ikan discus ini sangat misterius apalagi dipadukan dengan mata merah yang menawan. Memelihara discus berwarna dasar putih ini membutuhkan pengetahuan yang mendalam karena ikan kelainan gen ini  membutuhkan tempat yang ideal dalam pemeliharannya di aquarium seperti parameter air yang stabil dan temperatur air yang tepat agar warna sisiknya terpelihara dengan baik.

Dipasaran ikan hias terdapat tiga jenis ikan discus albino yang sangat diminati oleh penghobies seperti discus albino golden, discus albino platinun dan discus albino yellow. Ketiga jenis ikan discus ini biasanya berada dalam farm yang dilakukan oleh breeder yang sudah mumpuni dan berpengalaman untuk memijahkan ragam ikan unggulan dan sudah mengetahui teknik cara pemijahannya sehingga bisa menghasilkan ikan-ikan albino yang cantik seperti Mas Uut Sunarto dari Betawi Aquarium yang mana sudah berpengalaman dalam mencetak ikan discus albino dan sudah beberapa kali memenangkan kontes.

Sementara dalam hal membiakkan ikan discus albino ini bukanlah perkara mudah karena para breeder diperlukan kesabaran dan ketelatenan salah satu alasannya adalah discus albino memiliki sifat yang lebih sensitif dan terkesan lebih galak dibandingkan dengan ikan discus lainnya seperti dikatakan oleh Bapak Gunadi pakar dan spesialis discus albino yang sudah berkecimpung di dunia discus sejak tahun 1988 di Bandung. Cara bertelur ikan sama seperti discus lainnya namun dalam penetasan termasuk agak lama dan jika sudah menjadi burayak ada saja anakan discus albino yang bermasalah dengan matanya yang diduga tidak bisa melihat dengan baik karena jarang mendekati induknya atau ada istilah "gendong" pada indukan.

Ikan discus albino Screenshot channel youtube Giant Discus Official
Ikan discus albino
Screenshot channel youtube Giant Discus Official

Menurut admin channel youtube Giant Discus Official juga demikian, bahwa ikan discus albino termasuk sulit dalam hal breeding dan dari pengiriman ikan discus ukuran 3 inch untuk stok toko ikan hiasnya yang berasal dari breeder lokal sanggup mengisi sekitar 20 ekor dan ketersediannya cukup terbatas. 

Saat ini dengan perkembangan teknik breeding ikan discus albino yang beredar dipasaran bukan saja berwarna polos namun beberapa jenis varian ikan terdapat gradasi warna pada bagian sirip-siripnya seperti warna agak kebiruan yang mempesona, juga terdapat dua jenis tampilan mata yaitu mata merah (mata kelinci) dan mata grape (anggur) yang berwarna keunguan.

Ikan discus albino sampai saat ini tetap menjadi pilihan favorit dan menjadi daya tarik utama bagi para kolektor discus langka karena terlahir dari mutasi genetik yang menghasilkan pigmen warna putih membuatnya terlihat istimewa dibandingkan dengan discus jenis lain yang umumnya memiliki corak berwarna-warni. Kelangkaan inilah yang membuat discus albino semakin dihargai dan diminati.

Semoga infonya bermanfaat.



Kuningan Juni 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan