Selasa, 25 Juni 2024

Ikan maskoki tamasaba

Di antara jajaran ikan maskoki yang memesona, Tamasaba atau sebutan lainnya Sabao hadir dengan pesona yang unik. Ikan maskoki asal Jepang ini terkenal dengan tubuhnya yang tidak terlalu "gemuk" dan berekor panjang yang mengalir anggun bagaikan ikan makarel sehingga ia mendapat julukan "Mackerel Tail" seperti yang diinfokan oleh situs Wikipedia.

Maskoki tamasaba identik dengan sebuah daerah di Jepang bagian utara yaitu berasal dari daerah Yamagata. Oleh karena itu ikan ini juga dikenal dengan sebutan Yamagata Kingyo yang berarti "Ikan Mas dari Yamagata". Sebutan khusus ini mencerminkan keindahan dan keunikannya yang berasal dari daerah istimewa ini.

Maskoki Tamasaba babecabita
Maskoki tamasaba koleksi Babecabita
Screenshot Channel youtube Babecabita

Berbeda dengan maskoki lain yang cenderung gemuk dan bulat, tamasaba memiliki bentuk yang lebih ramping dan lebih gesit dibanding dengan jenis maskoki lainnya karena berekor tunggal tidak bercabang. Hal ini membuatnya terlihat lebih aktif dan lincah saat berenang di aquarium atau kolam, perpaduan bentuk tubuhnya yang mirip maskoki jenis Ryukin atau Fantail.

Ada perbedaan pendapat tentang klasifikasi tamasaba, beberapa penghobies beranggapan bahwa tamasaba merupakan hasil persilangan antara ikan komet atau koi dengan ikan maskoki lainnya, sehingga dikategorikan hampir ada kemiripan dengan ikan komet dari bentuk kepala dan warna kelirnya yang pekat. Pendapat lain menyatakan bahwa tamasaba memiliki ciri khas yang cukup berbeda untuk menjadikannya jenis tersendiri, hal ini terlihat dari bentuk tubuhnya yang cenderung pendek.

Dikutip dari situs nextdaykoi.com dari artikelnya yang sudah diterjemahkan bahwa Sabao adalah persilangan antara Syounia berekor tunggal dan Ryukin berekor ganda. Ekor tunggal Syounia diwarisi sedangkan konformasi tubuhnya, meski tidak sedalam itu, lebih mirip dengan Ryukin. Sabao digambarkan tampak seperti “ikan mas yang montok.”.

Popularitas tamasaba tak hanya digemari di perairan aslinya di Jepang dan pesonanya telah menjangkau para penghobies ikan maskoki di seluruh dunia termjasuk Afrika, China, Thailand, dan tentunya di Indonesia. Salah satu yang turut berkontribusi dalam pengembangan tamasaba dalam hal breed di Indonesia adalah Limasfarm yang merupakan farm maskoki tertua dan terbesar yang berlokasi di Teluk Naga Tanggerang.

Menurut admin keindahan maskoki tamasaba ini tak hanya terletak pada bentuknya ikan ini juga memiliki variasi dan pola warna yang sangat cantik dan pekat seperti waarna merah, putih, hitam, oranye, hingga kombinasi warna yang indah membuat ikan ini diminati oleh para penghobies ikan hias diseluruh dunia.

Bagi para penghobies ikan maskoki tamasaba adalah pilihan yang sangat cocok dan dapat menjadi penghias aquarium dirumah dengan paduan pola warannya yang sangat kontras dan cantik.

Semoga infonya bermanfaat.


Kuningan Juni 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan