Senin, 24 Juni 2024

Grooming ikan maskoki

Artikel kali ini adalah tentang teknik grooming yang dilakukan oleh Om Renza Lohardjo dalam melakukan proses grooming ikan maskoki yang ada di farmnya di daerah Parung Panjang Bogor. Ikan maskoki dengan perawatan khusus salah satu aspek penting dalam merawat ikan maskoki yaitu dengan cara perawatan rutin yang benar agar ikan ini bisa tampil lebih indah lagi dengan teknik pemberian pakan formula khusus yang mengandung nutrisi dan vitamin tambahan. 

Menurut pengalamannya ia akan memberikan pengetahuan dasar grooming pada ikan maskoki agar ikan tersebut bisa memancarkan warna dan bisa tumbuh besar "gendut" didalam aquarium. Sebagai contoh awal dalam video ia mencontohkan dengan empat ekor maskoki jenis ranchu di dalam aquarium yang sangat bening airnya. Untuk pemeliharaan ikan dalam proses grooming biasanya tidak terlalu padat seperti yang dilakukan Om Renza untuk aquarium ukuran besar bisa memasukan ikan sebanyak 8 ekor, hal ini dilakukan karena akan mempengaruhi proses pertumbuhannya.

Dalam pemberian pakan juga ada tekniknya seperti dalam pemberian pelet Om Renza memberikan pakan pada tempat yang berjauhan dengan filter aquarium begitu juga dalam pemberian cacing sutra harus memakai tempat pakan cacing sutra yang berbentuk corong yang bisa ditempel pada kaca aquarium dan jauh dari filter aquarium dan jangan sampai tersedot hingga masuk ke media filter utama (chamber), untuk menjaganya ia menggunakan kapas putih pada permukaan atas chamber yang dapat menahan jika cacing sutra tersedot filter awal didalam aquarium. 


Pemberian cacing sutra dengan wadah corong 
Screenshot channel youtube Quality Goldfish

Menurut pengalamannya, jika saja cacing sutra yang masuk dalam media filter biologis maka akan berdampak buruk bagi ikan maskoki yang sedang di grooming walaupun dari satu ekor cacing yang masuk dalam media filter tersebut yaitu akan terkena penyakit insang busuk. Kapas yang berfungsi untuk menahan cacing sutra masuk kedalam media filter bisa dicuci kapanpun.

Cara merawat air dalam aquarium juga sangat penting dilakukan oleh penghobies dan pemberian pakan untuk tahap awal diberikan sebanyak 5 kali sehari dan secukupnya saja hingga makanan habis dalam waktu singkat per satu kali pemberian pakan. Dan lihat jika air telihat menurun kualitasnya seperti butek maka perlu melakukan kuras air setiap hari sebanyak 20 persen, artinya tetap menjaga kualitas air tetap bagus dan terlihat bening. Perlu diketahui juga dalam pemberian pakan pompa yang bergerak yang bisa menimbulkan arus biasanya dimatikan dulu agar ikan maskoki bisa makan dengan tenang. 

Sementara bagi ikan yang terlihat kurang gendut bisa diberikan pakan pelet extreme dan super extreme khusus maskoki dari pelet racikan Quality Goldfish dengan takaran yang disesuaikan pada kondisi ikan. Dan bagi ikan maskoki yang terlihat "ngondoi" berikan pelet super extreme lebih banyak sebanyak 6 kali dan extremenya 1 kali.

Jadi hal yang penting dilakukan adalah pemberian makanan pelet secukupnya namun sering dan selalu menjaga kualitas air tetap bagus yang biasanya terlihat bening dimaksudkan agar ikan tidak gampang sakit. khususnya saat memberikan cacing sutra hal sangat diperhatikan adalah jangan sampai masuk ke media filter karena akan berdampak buruk bagi ikan yang sedang di grooming dalam aquarium walapun satu helai cacing.

Proses grooming ini akan menghasilkan ikan maskoki yang berkualitas seperti dorsal ikan yang lurus dan seimbang juga presisi yang sangat disukai oleh penghobi ikan maskoki yang sudah paham dengan ikan kualitas kontes.

Semoga infonya bermanfaat.


Kuningan Juni 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan