Rabu, 05 Juni 2024

Discus blue diamond yang klasik

Ikan discus blue diamond menjadi ikan ikonik sekitar tahun 2000-an awal dan telah lama mendapat perhatian para penghobi ikan hias. Ciri khas utamanya adalah pada warna birunya pada seluruh tubuhnya sehingga sangat mudah dikenali. 

Pertama kali admin melihat dan membelinya di toko ikan hias Kelapa Gading yang mana menjual berbagai aneka jenis ikan discus yang cantik dari discus blue diamond yang ikonik hingga discus symphysodon yang alami seperti jenis heckel yang merupakan ikan discus yang terdapat gurat hitam vertikal. Ikan ini telah ditemukan oleh ahli zoologi dan seorang ichthyologist Dr. Johanne Jacob Heckel sekitar pada tahun 1840, ikan discus jenis heckel adalah cikal bakal ikan discus menjadi populer dan dijadikan hiasan pada aquarium.


Khusus strain blue diamond ada sedikit perubahan warna dibandingkan dengan hasil ternakan pada tahun 2000-an awal yaitu perubahan ini terlihat pada gradasi biru yang lebih halus, beberapa faktor yang mungkin berkontribusi terhadap perubahan ini kemungkinan para peternak ikan discus telah menyeleksi strain blue diamond selama bertahun-tahun sehingga menghasilkan garis keturunan dengan pola dan warna yang lebih halus. Meskipun ada sedikit perubahan varietas discus biru hibrida klasik ini masih merupakan salah satu varietas discus paling populer dan dicari penghobies.

Menurut situs en.aqua-fish.net pada artikelnya yaitu sekitar pada tahun tujuh puluhan, banyak peternak yang memproduksi strain yang sebagian besar berwarna biru, hijau atau coklat, tidak ada satu pun warna mewah yang ditemukan seperti saat ini dan tujuan dari para peternak adalah untuk menghasilkan diskus dengan warna dominan biru, maka ikan discus blue diamond identik dengan discus  klasik dan punya history tersendiri pada peminatnya.

Ikan discus blue diamond merupakan salah satu ikan hias air tawar yang populer di Indonesia, permintaan yang tinggi terhadap ikan ini mendorong banyak breeder dan pengusaha ikan hias di Indonesia untuk mensuplai toko-toko ikan hias di beberapa daerah seperti Cirebon dan Kuningan dikarenakan banyak juga penghobi ikan hias asli dari lembah Sungai Amazon ini tapi tidak sebanyak penghobies discus di Jakarta.

Perlu diketahui juga saat ini ada dua daerah di Indonesia yang terkenal sebagai sentra peternakan ikan discus adalah Bekasi dan Depok. Kedua daerah ini memiliki beberapa keunggulan yang menunjang budidaya ikan cakram ini seperti ketersediaan air untuk budidaya dan lingkungannya. Selain disekitaran Bekasi dan Tangerang, sebenarnya masih terdapat beberapa daerah lain di Indonesia yang juga mulai mengembangkan peternakan ikan discus. Namun, kedua daerah ini masih menjadi yang terdepan dalam hal jumlah peternak dan kualitas ikan.

Semoga infonya bermanfaat.


Kuningan Juni 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan