Kamis, 30 Januari 2020

Kisah Sukses Randi usaha Ikan cupang

Adalah Rendi Aulia bermula dari kesenangannya memelihara ikan cupang pada tahun 2016 lalu bisa meraup kesuksesan meraup jutaan rupiah dari membudidayakan ikan cupang hias yang dikelolanya sebagai usaha.

Awalnya Rendi bermodalkan uang sebesar Rp.130 ribu yang kemudian uang tersebut dipakai untuk membeli bahan baku kaca untuk dijadikan aquarium.

Aquarium ini digunakan untuk memelihara dan menampung puluhan ekor Cupang dari jenis dan strain berbeda dari pedagang ikan hias di daerahnya.

Ide untuk membuka usaha penjualan ikan cupang sebelumnya ia memantau pasar dan melihat belum ada praktek usaha untuk membudidayakan ikan hias tersebut.

Akhirnya ide itupun terlaksana dengan membudidayakan cupang secara profesional dan dijadikan sebagai peluang usaha di daerahnya.

Menurut Rendi saat membangun usaha Cupang dibutuhkan kerja keras hampir selama  satu tahun ia belajar untuk memijahkan walaupun harus beberapa kali pasang surut. Namun sampai pada akhirnya ia dapat mengisi ikan hasil budidaya sendiri di aquarium-aquarium yang berisi ragam jenis ikan cupang di tokonya.

Ketekunannya membuahkan hasil saat masa-masa jatuh bangun dan akhirnya ia bisa mendapatkan kunci usahanya dan sudah mendapatkan pasar dari berbagai daerah seperti Payakumbuh, Bukittinggi, Pariaman, Sawahlunto dan Solok. Menurut Rendi mayoritas ikan Cupang yang bayak permintaannya adalah jenis Halfmoon dan rata-rata pejualannya bisa menembus 300 sampai 750 ekor perbulan.

Kisah Rendi selengkapnya bisa dilihat di situs berita HarianHaluan.com dengan Judul Bermodal Rp130 Ribu, Rendi Raup Rp6 Juta


2 komentar:

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan