Rabu, 29 Januari 2020

Ikan Frontosa yang ekslusif dan Eksotis

Ingat pada waktu sering baca buku di gramedia pernah melihat buku tentang ikan siklid yang sangat mahal harganya yaitu ikan Frontosa. Belum sempat membeli bukunya namun sempat membaca cover belakangnya saja.

Pada waktu itu sempat punya keinginan untuk membeli indukannya namun pada waktu itu belum ada link yang menjual ikan ini, tidak seperti sekarang ikan frontosa sudah ada yang menjual di Marketplace dengan harga yang beragam kita bisa membeli dari ukuran kecil sampai dewasa.

Apa kira-kira kelebihan ikan frontosa sampai harganya sangat mahal dipasaran ? Menurut kesimpulan saya salah satu jawabannya adalah saya pernah membaca blog tentang ikan hias yaitu karena pertumbuhannya yang sangat lama bisa hingga 4 tahun baru bisa menjadi dewasa.

Ikan dengan motif warna hitam dan kebiruan agak nonong ini menjadi pilihan ikan hias yang di sukai oleh negara-negara yang senang dengan warna gelap dan ekslusif. Saya pernah membaca kalau tidak salah negara dengan pembelian ikan hias tertinggi dengan tema warna gelap adalah di Eropa.

Permintaan ikan akan menanjak jika negara-negara luar mengalami musim dingin yaitu kebanyakan dari mereka akan sering tinggal di rumah dan aquarium berisi ikan hias akan menjadi hiburan dan sarana untuk menikmati pemandangan indah.

Fakta ikan eksotis ini

laris ekspor
Dalam hal ini bukan ikan Frotosa saja tetapi ikan hias lainnya dan ikan ini termasuk salah satu ikan ekspor yang laris di pasaran dunia.

Baca juga : Belajar Ekspor ikan hias di Channel Siji Aquatics

Ada salah satu akun di situs Agromaret yang menginginkan kerjasama pembiakan ikan dengan para penghobi ikan ini dalam jumlah yang ditargetkan karena permintaannya yang tidak bisa dipenuhi. Namun akun tersebut sudah tidak aktif lagi ada kemungkinan sudah mendapatkan partner kerjasamanya.

Perawatan di Aquarium
Perawatan Frontosas membutuhkan akuarium yang sangat besar saat dewasa, dan ikan ini senang dengan batuan kerikil kecil. menurut situs buildyouraquarium.com/frontosa-cichlid-care/ Kondisi air yang dibutuhkan adalah pH air pH: 0-9.0 dan Kekerasan Umum: dH 10.0-20.0.

Makanan
Menurut praktisi yang pernah memeliharanya ikan ini dalam pemeliharaannya pun katanya tidak rewel dan kegemarannya adalah memakan cacing beku dan udang-udangan kecil dan memang ikan ini penyuka daging.

Tank mate 
Ikan Frontosa termasuk jenis predator bahkan bisa dengan mudah  memakan ikan dalam ruang akuarium yang sama untuk memangsa ikan kecil. Contoh ikan yang cocok sebagai tank mate Frontosa adalah Ikan Lele Cuckoo (Synodontis multipunctatus).

Ukuran maksimal 
Menurut situs ternama Animal-world.com ikan siklid asal Tanganyika ini sebagian besar bisa mencapai ukuran panjang hingga 35 cm bahkan bisa lebih dari itu.


Semoga info tentang ikan Frontosa yang eksotis ini dapat menjadi inspirasi

update 13-4-2021.





Kuningan Januari 2020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan