Rabu, 06 Mei 2020

Foto dan nama ikan Koi serta corak warna

Berikut adalah nama-nama "foto koi" ikan Koi dari  screenshot yang bisa saya dapat dari channel Youtube Kodama Koi Farm. Ikan-ikan koi ini diberi label nomor dan huruf masing-masingnya dan di dokumentasikan di Youtube.

Para peternak koi berpengalaman sangat jeli dalam pemilihan induk sehingga bisa menghasilkan koi bercorak indah dengan tubuh yang proporsional dan wajar jika dikatakan bila ikan samurai ini memiliki seni yang hebat.

Kodama Koi merupakan dealer ikan Koi kecil dan ukuran jumbo ternama di Amerika dari farm-farm koi terbesar di Jepang berkualitas tinggi hanya dari Niigata, Koi Nishikigoi cantik yang dijual dibesarkan dengan prosedur karantina terbaik.

Berikut adalah foto-foto ikan koi berkualitas sangat baik berasal dari farm koi ternama di Jepang yang menjaga ketat indukan koi.




Deni cage koi 1 aigoromo
Deni cage koi 2 Asagi
Deni cage koi 3 Aya wakaba
Deni cage koi 4 Benigoi
Deni cage koi 5 Goshiki
Deni cage koi 6 Ginrin Chagoi
Deni cage koi 7 Hi utsuri
Deni cage koi 8 Kinkiutsuri
Deni cage koi 9 Kohaku
Debi cage koi 10 Ogon
Deni cage koi 11 platinum
Deni cage koi 12 Sanke
Deni cage koi 13 Shiro Utsuri
Deni cage koi 14 Showa
Deni cage koi 15 Tancho

Jenis berdasarkan Abjad
1. Aigoromo sepintas mirip kohaku, saya juga kurang mengerti tapi coraknya sangat indah mungkin rekan-rekan ada yang bisa bantu menjelaskan.

2. Asagi memiliki ciri khas di bagian punggungnya yang seperti ram kawat baja dan populer bagi para penghobies koi.

3. Aya Wakaba juga ada ciri khas dibagian punggung jika melihat info di gambar search engine Google sisik pada bagian punggung tetlihat besar-besar dan warnanya beragam.

4. Benigoi ikan berwarna merah agak orange menyala di seluruh tubuhnya. Merupakan ikan koi yang jarang terlihat tapi bernilai seni. Jika di lihat video farmnya ikan ini jika sudah tumbuh besar warnanya menyala sekali bisa dijadikan koleksi kolam koi besar. Artikel Benigoi bisa dilihat disini.

5. Ghosiki warna merah dan hitamnya pekat sekali dan paduan 3 warna lainnya. Profil Ghosiki bisa dilihat disini.

6. Ginrin Chagoi ikan berwarna seperti tembaga dan berkilau ada filosofi juga bagi yang menyukai ikan ini :D. Namun ikan koi Chagoi berciri khas warna tembaga lebih popular di kancah koi. 

7. Hi Utsuri memiliki warna dominan orange dan hitam dan jenis ini juga pernah menyandang best variety di All Japan Koi Show pada tahun 2018.

8. Kinki Utsuri juga anggun saat berenang dengan warna emas dan hitam. Penggemarnya dari beberapa negara termasuk Indonesia.

9. Kohaku ciri khas seluruh badan dihiasi warna merah dan putih, jenis kohaku sering populer di Indonesia ikan ini selalu menjadi ikon ikan koi dan jika dijadikan logo akan tampil elegan. Ikan Kohaku S legend pernah menjadi sorotan dunia karena pada saat pelelangan terjual dengan harga yang fantastis.

10. Ogon memiliki ciri khas warna emas dan di Indonesia sendiri ikan Ogon pernah ikut dillombakan skala besar tepatnya di Jalan Sudirman Bandung. Menurut info perlombaan tersebut di ikuti ribuan peserta dan Ogon menjadi salah satu primadona.

11. Platinum berciri khas warna seperti platinum dan mengkilap.

12. Sanke saya pribadi melihat coraknya terlihat indah hampir mirip dengan Showa namun pada bagian kepala tidak terdapat warna hitam.

13. Shiro Utsuri seperti tetlihat pada foto diatas terdiri dari 2 warna yaitu hitam dan putih. Shiro Utsuri juga pernah tampil di perlombaan koi di Jepang dan terbaik pada tahun 2017 di AJKS.

14. Showa memiliki ciri terdapat warna hitam dibagian kepala dan sepintas agak mirip dengan Sanke dan keduanya jelas ada perbedaan. Menurut saya pribadi disinilah letak keunikan memelihara koi diperlukan kejelian memilih jenis koi yang diinginkan karena masing-masing ada ciri khas yang harus diketahui oleh calon pemelihara.

15. Tancho memiliki ciri khas ada titik merah di bagian atas kepala dan sekujur badan berwarna putih pekat.

Update
Mempelajari jenis ikan koi sangat penting karena banyak jenis dan coraknya. Seperti contoh koi jenis sanke dan showa keduanya hampir mirip namun tidak sama,

Jika sanke pada bagian kepala tidak ada warna hitam harus benar benar berwarna merah. Ikan varietas sanke disebut juga kohaku namun ada warna hitam pada bagian badan walaupun sedikit.

Showa kebalikan dari sanke namun pada bagian kepala terdapat warna hitam sampai sekujur tubuh.

Saya pribadi juga masih belajar mengenai corak-corak koi (Nishikigoi) karena varietasnya banyak sekali, dalam hal ini sebuah buku panduan tentang koi penting untuk dibeli untuk menambah pengetahuan.

Semoga infonya dapat bermanfaat.


Kuningan
07-05-2020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan