Jumat, 10 Februari 2023

Pengalaman Pemijahan alami Ikan nila di Kolam Bioflok

Membudidayakan ikan nila terbilang cukup mudah karena ikan ini sangat cepat melakukan perkawinan dan bisa dikatakan hampir setiap waktu dalam hitungan bulan jika kondisi tubuhnya tercukupi dengan makanan yang dapat merangsang perkawinan.

Agar lebih efektif sebaiknya lakukan pemilihan induk unggulan karena menurut para ahli dibidang perikanan cara ini merupakan yang terbaik dan perlu dilestarikan agar hasil budidaya perikanannya berkualitas baik.

Artinya ikan yang akan dipijahkan benar-benar dari indukan ikan nila konsumsi yang memilki postur ideal.

Mencetak anak nila unggul yang nantinya bisa bertubuh besar adalah harapan para pembudidaya ikan konsumsi karena bisa menjadi brand tersendiri, selain itu tentunya pembudidaya dan petani pembesaran ikan akan sama-sama untung.

Pemijahan alami  sederhana di kolam bioflok

Berdasarkan pengalaman admin blog dc salah satu kolam buatan yang cocok untuk memelihara ikan nila sekaligus tempat berkembang biak yaitu kolam bioflok berbentuk bulat alasannya adalah kolam ini sudah terbukti dan cocok digunakan sebagai tempat pemeliharaan induk ikan nila berukuran besar. 

Menurut pantauan admin kelebihan kolam bioflok adalah berbentuk bulat sehingga mempermudah ikan untuk melakukan perkawinan dalam kolam, misalnya seperti saat ikan kejar-kejaran dan terangsang. Walaupun demikian dikolam apapun bisa terjadi pemijahan secara alami namun karena admin sudah memiliki kolam bioflok diameter 3 meter maka kolam inilah yang bisa dijadikan praktek.

Praktek 

Lakukan Pengisian induk betina dan jantan bisa dilakukan 2 banding 1, jika betina 2 ekor maka ikan jantan berjumlah 1 ekor (edit 18022023).

Ketinggian air yang ideal adalah sekitar 40 cm, berdasarkan pengalaman dengan ketinggian air ini sudah cukup untuk melakukan perkawinan dalam kolam bioflok.

Biasanya dengan cara ini dalam waktu kurang dari 30 hari akan bermunculan anak ikan nila yang naik ke permukaan air kolam dan kita bisa menangkapnya dengan seser halus untuk dipindahkan dalam kolam khusus pembesaran anakan ikan nila tersebut.

Pemijahan ikan nila secara massal 40 ekor indukan

Foto diatas adalah saat admin blog dc memijahkan pada tanggal 22 Mei 2021 (praktek pertama) namun ada perbedaan dalam jumlah induk yaitu indukan dimasukan secara massal berjumlah 40 ekor dan tidak dilakukan sortir indukan betina dan jantan. Anakan atau burayak nila sudah terlihat besar dan diawasi oleh induknya dan sehat.  

Dengan cara sederhana ini diharapkan kita bisa menghasilkan anakan nila dalam jumlah yang lumayan banyak, sementara indukan tetap dipelihara dalam kolam dan tetap lakukan pemberian pakan yang tinggi protein agar ikan sehat dan kemungkinan besar akan melakukan perkawinan lagi dalam kolam bioflok tersebut.


Semoga infonya dapat bermanfaat dan membantu.



Kuningan Februari 2023 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan