Selasa, 20 Februari 2024

Ciri Ikan discus mengalami stres

Discus red melon
sumber gambar Channel Youtube Europa Discus Center

Artikel kali ini adalah tentang ciri ikan diskus mengalami stres yaitu keadaan ikan menjadi kurang normal didalam aquarium.

Ada beberapa ciri ikan diskus terlihat kurang normal tentunya sebagai penghobi ikan hias perlu mengetahui keadaan ikan peliharaannya agar selalu sehat yang akan terlihat keindahannya di dalam aquarium.

Berikut adalah 3 ciri ikan discus mengalami stres yang bisa admin tulis.

1. Warna sisik ikan tampak menghitam dan gelap.

2. Ikan selalu mojok di ujung aquarium.

3. Ikan mulai malas makan.

Menurut pengalaman admin penanganannya agar tidak mudah stres cukup sederhana yaitu  selalu menjaga kebersihan air dan menjaga suhu air aquarium yaitu menggunakan pemanas air seperti merek Heater Eheim Thermocontrol e. Mengenai penggunaan pemanas air admin menghidupkan ketika cuaca sangat dingin seperti waktu musim hujan maka alat ini bisa dipakai untuk menjaga suhu air agar konsisten stabil dan kesehatan ikan itu sendiri dari serangan jamur yang bisa tumbuh subur ditubuh ikan. Pendapat lain yaitu bahwa ikan discus memang menyukai air agak hangat dan bisa tumbuh baik maka pemanas air ini dibutuhkan.

Sementara aerator masih digunakan setiap saat dan fungsi dari aerator sebagai suplai udara untuk menyegarkan kondisi air. Aerator ini sangat bermanfaat bagi ikan discus karena kita memeliharanya didalam aquarium bukan di alam aslinya sehingga ikan bisa hidup nyaman.

Menjaga kebersihan air sangat penting dilakukan karena ikan ini termasuk ikan hias yang sangat sensitif terhadap perubahan air misalnya air mengalami bau, hal ini dapat menyebabkan ikan stres dan kemungkinan besar mengalami kematian. Jadi perlu penanganan terbaik untuk menjaga kualitas air tetap sehat sehingga ikan discus nyaman di aquarium.

Jadi penanganannya sederhana yaitu selalu menjaga kualitas air tetap sehat dan bersih seperti sering menyifon atau mengeluarkan kotoran ikan didasar aquarium dengan selang dan jika perlu mengganti air aquarium sekitar 30 persen dalam jangka waktu tertentu.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu rekan pembaca yang memelihara ikan discus.


Kuningan Februari 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan