Sabtu, 24 Februari 2024

Ikan penghias aquascape berukuran kecil

Ikan penghias aquascape neon tetra
Ikan penghias aquascape neon tetra

Artikel kali ini adalah tentang keberadaan ikan-ikan yang memiliki tubuh kecil dan bahkan ada yang berpredikat sebagai ikan terkecil, seperti ikan yang hidup di rawa-rawa berlumpur di daerah Sumatra Indonesia. 
Daftar ikan air tawar dan payau berdasarkan dari info yang beredar di situs website dan dari pengalaman admin sendiri. Penulisan daftar ikan berurutan diawali dengan yang lebih kecil ukurannya. 

Berikut ikan-ikan berukuran mini diukuran 7,9 mm sampai 5 cm dari pangkal ekor sampai dengan kepala dan kriterianya ikan sudah dewasa versi admin yang mana ikan tersebut cocok dijadikan penghuni aquarium aquascape. 


Ikan rawa berlumpur di Sumatra (Paedocypris progenetica) ukuran 7,9 mm 


Ikan terkecil belum diketahui nama sebutannya, ikan ini memilki tubuh yang transparan dan dapat ditemukan di rawa-rawa berlumpur di Sumatra. Sepertinya layak menjadi ikan penghias aquarium karena tampilannya sangat cantik. 

Pandaka Pygmaea ukuran 1,5 cm

Merupakan ikan air payau memiliki panjang tubuh sekitar 1,5 cm dan keberadaanya dilindungi oleh pihak terkait. 

Amandae tetra ukuran 2cm 

Amandae tetra juga termasuk ikan jenis tetra yang kecil dan warna jingganya sangat memikat, ikan ini memiliki daya tarik untuk dijadikan sebagai penghias aquascape. 

Neon tetra ukuran 4-5 cm 

Neon tetra juga termasuk ikan berukuran mini , ikan asal Sungai Amazon ini sangat populer di dunia karena saat scholling akan nampak indah warna neon disisi badan dan termasuk ikan hias paling banyak dicari oleh penghobi akuatik. 

Cardinal tetra ukuran 4-5 cm 
Cardinal tetra hampir ada kemiripan dengan ikan neon tetra bahkan sangat mirip, jika diteliti lagi perbedaan yang mencolok adalah stripnya lebih panjang. Ikan bertubuh kecil ini harganya lebih mahal dibanding ikan neon tetra, keduanya sudah dapat dikembangbiakan di Indonesia seperti di daerah Depok. 


Admin pernah memelihara ikan cardinal tetra yang berukuran agak besar sekitar 3,5 cm yang dibeli di toko ikan hias di daerah Kuningan. 

Rednone tetra ukuran 5 cm 

Ikan hias asal Amerika Selatan ini cukup populer dikalangan penghobi ikan hias warna merah pada bagian depan disekitar kepala membuat ikan "hidung merah". Ikan Rednose tetra sudah berhasil dikembang biakan oleh para breeder ikan hias di Indonesia. 

Pada umumnya ikan-ikan akan tampil schooling atau berenang bersama jika dipelihara dalam jumlah banyak, minimal dipelihara sampai 10 ekor dalam satu aquarium ukuran besar.

Semoga infonya bermanfaat 



Kuningan Februari 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan