Kamis, 29 Februari 2024

Fakta ikan Thropeus versi blog dc

Artikel kali ini adalah tentang fakta ikan siklid Thropeus yang mana ikan klangenan ini banyak dicari oleh penghobies ikan hias karena corak dan warna sisik yang cemerlang.

Ikan siklid air tawar asal Danau Tanganyika di Afrika Timur adalah ikan hias yang sudah dikenal dengan keindahannya, menurut info bahwa ada sekitar 12 jenis ikan Tropheus yang diakui dan masing-masingnya memiliki karakter. Beberapa jenis yang populer termasuk seperti Tropheus duboisi, Tropheus bemba, dan Tropheus moorii.

Berikut adalah beberapa fakta ikan Thropeus dari ragam jenisnya yang bisa admin tulis bersumber dari info-info yang dikumpulkan di Internet dan media cetak majalah.

1. Ikan mouth breeder ini sudah bisa dipijahkan oleh breeder di Indonesia menggunakan kolam semen.

2. Warna Ikan akan menjadi kusam jika mengalami stres.

3. Dihabitat aslinya ikan ini adalah pemakan alga dan tumbuhan, saat ini sudah ada pakan pelet pabrikan yang bisa diberikan untuk makanannya misalnya merek Prodac Chiclid Stick.

4. Ikan ini seringkali mengumpat pada celah bebatuan di sungai, maka jika memelihara dalam aquarium bila perlu beri dekorasi bebatuan atau tempat bersembunyi agar ikan tersebut lebih nyaman dilingkungan baru.

5. Thropeus banyak diminati oleh kolektor ikan hias di dunia karena warna dan karakter ikan yang memikat, ikan ini memiliki harga yang tinggi dipasaran bisa mencapai puluhan Dollar Amerika perekor.

6. Ikan endemik Afrika yang sudah bisa dibudidayakan di Indonesia ini berpeluang untuk diekspor ke luar negeri seperti Tiongkok, Arab Saudi, Eropa, dan Amerika Serikat. (Dikutip dari trubus.id)

7. Pada umumnya ikan ini termasuk ikan siklid yang Agresif.

8. Menurut info dari situs Animal-world.com bahwa ikan Thropeus diperkenalkan ke Eropa pada tahu 1959 dan sampai saat ini ikan ini menjadi populer dikalangan penghobies ikan hias.

9. Suhu ideal untuk pemeliharaaan adalah antara 23 - 27 derajat celcius dan pH air sekitar 8,0.

Semoga infonya bermanfaat.



Kuningan Februari 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan