Selasa, 06 Februari 2024

pinjaman uang online legal dan ilegal

Di era digital ini kemudahan akses informasi dan teknologi membawa banyak perubahan, termasuk dalam sektor keuangan. 

Salah satu yang populer adalah pinjaman online atau sering disebut pinjol. Pinjaman online menawarkan solusi keuangan yang cepat dan mudah diakses bagi masyarakat yang membutuhkan dana dan sudah dikemas dalam bentuk aplikasi yang bisa di download dengan handphone semisal sistem Android.

Perusahan layanan keuangan ini merupakan bagian dari fintech atau financial technology yang mana perusahaan bergerak pada peminjaman uang berbasis teknologi.

Saat ini perusahaan pinjaman online terbagi menjadi dua yaitu legal dan ilegal yang mana dari keduanya ada perbedaan yaitu alamat kantor yang jelas serta ada badan usaha.

Perusahaan pinjol legal
Perusahaan pinjaman uang yang legal telah diberikan naungan oleh pemerintah dan diawasi kegiatannya oleh Otoritas Jasa Keuangan seperti wajib menyediakan layanan konsumen sebagai standar dari OJK kepada penyelengara pinjaman online. Perusahan pinjaman online legal akan memberikan dananya pada penerima pinjaman dan wajib melindungi data peminjam apabila perjanjian pinjam meminjam sudah saling sepakat.

Berdasarkan info dari OJK bahwa perusahaaan penyedia pinjaman online legal dilarang untuk mengakses kontak dan data pribadi yang berada dalam handphone peminjam.


Pinjol ilegal
Sementara Pihak pengelola aplikasi pinjaman uang ilegal menutupi alamat kantor dan menurut admin biasanya mengenakan denda tinggi bahkan terkesan tidak wajar, juga menggunakan praktik penagihan yang tidak etis seperti intimidasi, dan menyebarkan data pribadi peminjam ke rekan-rekannya. Hal ini pernah terjadi pada admin blog dc sendiri yaitu ada pemberitahuan melalui sms bahwa peminjam ( nama si anu) harus membayar pinjamannya dengan tepat waktu. Sms tersebut disebar pada orang-orang yang kenal dengan si peminjam yang rupanya telah telat bayar angsuran.

Dengan demikian bahwa meminjam uang melalui aplikasi digital saat ini ada yang legal dan ilegal, keduanya dapat mengirim dana uang ke rekening bank peminjam.

Semoga infonya dapat membantu.




Kuningan Februari 2024


Artikel terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan