Jumat, 12 Juli 2024

Anakan ikan kawin silang ikan komet dan maskoki


Ikan komet hitam
Ikan komet hitam hasil kawin silang
antara ikan komet dan maskoki oranda

Ikan warna hitam ini merupakan hasil dari perkawinan silang antara ikan komet dan maskoki oranda yang admin pelihara dalam kolam bioflok, hal ini berarti bahwa warna hitamnya bukan merupakan ciri alami yang diturunkan dari induk ikan komet melainkan hasil dari perubahan genetik dari ikan maskoki yag diketahui bisa bermutasi warna. Terlihat dalam foto terdapat warna kuning keemasan ( kirin) pada bagian tubuh ikan hitam ini yang sepertinya akan ada tahap untuk mutasi warna ditubuhnya.

Ikan ini terdapat perpaduan kemiripan antara ikan komet dan maskoki oranda, seperti memiliki bentuk tubuh yang agak ramping dengan bagian perut yang sedikit buncit dan sirip punggung pada kedua jenis ikan ini juga memiliki bentuk yang serupa, namun perbedaan utama terletak pada bagiaan ekor yaitu memiliki ekor tunggal yang lebih panjang dan lebar dibandingkan maskoki oranda yang berekor cabang, sehingga terlihat berbeda dari ikan komet pada umumnya.

Seperti diketahui bahwa ikan komet terkenal dengan ekornya yang panjang dan melambai, dan salah satu ciri khas ikan ini adalah pada warnanya yang sangat cerah seperti warna merah dan putihnya yang terlihat sangat pekat. Perkawinan silang ikan komet dan maskoki secara alami dikolam ini adalah hal yang cukup menarik karena kedua jenis ikan ini memungkinkan dan masih termasuk kerabat dari ikan jenis mas.

Sebelumnya admin pernah memelihara ikan maskoki jenis oranda dan ranchu yang dimasukan dalam kolam bioflok yang mana dalam kolam juga terdapat ikan-ikan komet. Beberapa ikan komet dalam kolam bioflok sering terlihat mengejar ikan maskoki oranda, aktifitas ini seperti melakukan perkawinan pada ikan pada umumnya. Selang beberapa waktu terlihat telur-telur ikan berserakan di atas tanaman air aligator namun hanya sedikit. 

Setelah beberapa bulan ikan-ikan dalam kolam bioflok dipindahkan ke kolam lain,  dan terkihat anakan ikan sudah tumbuh besar seukuran jari kelingking dengan warna yang tidak secerah ikan komet yaitu warna kuning totol hitam, hitam dan merah.

Perlu diketahui juga ikan yang diduga anakan ikan komet dan maskoki ini berasal dari indukan ikan yang didominasi warna merah dan putih, namun anakan yang menetas adalah terdapat paduan warna yang beragam seperti warna polos hitam dan kuning totol hitam.

Selagi masih seukuran jari kelingking yaitu sekitar ukuran 7cm anakan ikan-ikan ini tidak ada yang menampakan ikan berciri khas ikan maskoki karena hampir semuanya bertubuh ramping, dan kini setelah beberapa lama dibesarkan ada satu ekor yang terlihat berciri khas seperti ikan maskoki seperti pada foto diatas yaitu memiliki bentuk perut yang agak buncit dan ada tanda-tanda akan bermutasi warna pada bagian perutnya yang mengeluarkan warna kekuningan (kirin). Sementara anakan ikan lainnya bertubuh seperti ikan komet dan warna pada tubuhnya masih terlihat sama tidak ada perubahan sampai sekarang dan perkembangan ikan-ikan dari perkawinan silang ini akan terus dipantau.

Semoga infonya bermanfaat.


Kuningan Juli 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan