Selasa, 09 Juli 2024

ikan maskoki Irfan Hakim yang mengalami mutasi warna

Irfan Hakim selalu menghadirkan konten video menarik di vlog youtubenya dan review youtube kali ini ia bersama para youtuber berpengalaman dalam pemeliharaan ikan maskoki. Presenter dan host kuis Family 100 Indonesia ini tampak antusias berbincang berbagai hal seputar ikan maskoki sampai ikan maskokinya yang mengalami mutasi warna di aquarium pelanginya. Sebagai penghobies ragam ikan hias satwa liar ia banyak belajar dan bertanya berbagai pertanyaan termasuk jenis kelamin pada ikan maskoki peliharaan.

Dalam video yang diunggah di Youtube tahun 2020 ini ia sempat memperkenalkan Youtuber penghobies ikan hias seperti Vania dari Dvan channel, Kwangoldfish dan komunitas ikan manfish di lokasi aquarium pelanginya yang berisi ikan maskoki dan discus. Vania sendiri adalah penghobies ikan maskoki yang sudah cukup berpengalaman untuk mendalami ikan-ikan ini

Irfan Hakim juga mendapat hadiah 2 ekor ikan maskoki ranchu jumbo unggulan dari Om Dani Limasfarm, seperti diketahui bahwa limasfarm adalah pengekspor ikan maskoki terbaik dari Indonesia yang dalam satu tahun bisa mengirim jutaan ekor pertahun ke mancanegara seperti Asia dan Eropa.

Sebelum memasukan ikan maskoki ranchunya dalam aquarium seperti biasa dilakukan penghobies berpengalaman akan dilakukan aklimatisasi ikan terlebih dulu sekitar beberapa menit agar bisa beradaptasi pada lingkungan baru. Cara ini sebagai edukasi pada subscriber bagaimana cara pertama melakukan pemeliharaan ikan apapun pada lingkungan baru ikan di aquarium atau kolam.

Menurut Vania ikan ranchu pemberian dari Om Dani Limas ini bisa tumbuh besar sekitar 20 cm tentunya dengan pemberian pakan yang mumpuni nutrisnya. Vania juga memberikan edukasi bagaimana cara memegang ikan maskoki ranchu pada Irvan Hakim yaitu lebih baik dipegang dengan cara terbalik untuk menjaga sirip ekornya.

Tuturial cara pegang maskoki ranchu
Screenshot deHakims channel

Hal menarik yang dikatakan oleh Irfan Hakim dan bermanfaat bagi para penghobies adalah bahwa ikan maskoki itu bisa bermutasi warna di tubuhnya seiring perkembangan tubuhnya, seperti contoh jika ingin besarnya blackgold maka dari sejak ukuran kecil bisa memelihara warna black, namun memang tidak bisa diprediksi saat bermutasi warna, namun prediksinya bisa mendekati.

Mutasi warna ikan maskoki
Ikan maskoki Irfan Hakim bermutasi warna
Screenshot deHakims channel

Ikan ranchu memiliki kepala yang unik semakin besar pertumbuhan badan dan anggota tubuhnya, pada sekitar bagian kepala akan ditumbuhi oleh lemak yang mana akan menggangu pada penglihatannya saat diberikan makanan. Menurut Vania bahwa ikan maskoki yang pada bagian matanya sudah tertimbun lemak bisa di "cukur" atau operasi, tentunya hal ini dilakukan oleh ahli perikanan yang berpengalaman.

Irfan Hakim Juga mendapat pengetahuan baru yaitu bagaimana cara mengetahui betina dan jantan pada ikan-ikan maskokinya yang rata-rata sudah kategori indukan, sekali lagi ilmunya didapat dari Vania yang mana jika anusnya menonjol atau keluar adalah jenis betina dan ikan jantan tidak menonjol, seperti ikan maskoki Ryukin Irfan Hakim sendiri yang bernama Inul adalah dari jenis jantan.

Semoga infonya bermanfaat.


Kuningan Juli 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan