Rabu, 31 Juli 2024

Ikan poliodon (ikan dayung)

Ikan poliodon atau yang lebih dikenal sebagai ikan dayung asal perairan tawar Amerika atau disebut juga American Paddlefish yang memiliki bentuk tubuh yang khas terutama pada bagian kepala yang menyerupai dayung memanjang, ikan ini sering disebut sebagai "fosil hidup" dari zaman purba. 


Menurut info dari situs britannica.com beberapa jenisnya dapat tumbuh sangat besar yaitu memiliki ukuran yang mengesankan dengan panjang mencapai 2,2 meter dan berat hingga sekitar 90 kilogram. Habitat aslinya tersebar luas di wilayah Amerika Utara meliputi Sungai Mississippi, Danau Huron, dan sebagian wilayah selatan Kanada. 

Ikan ini juga diketahui filter feeder yang artinya ikan dapat menyaring makanan dari air yaitu dengan membuka mulutnya yang lebar seperti plankton, serangga air, dan organisme kecil lainnya, dan hampir ada kemiripan dengan ikan hiu yang mempunyai ribuan reseptor sensorik yang untuk mendeteksi makanannya.

Sebagai ikan purba yang telah bertahan hidup sampai sekarang ikan ini memiliki nilai ilmiah dan estetika yang tinggi bagi para peneliti dan termasuk dalam ordo Acipenseriformes yang juga menaungi sturgeon, ini berarti ikan poliodon telah ada sejak zaman dinosaurus dan berhasil bertahan hidup hingga saat ini.

Pemijahan ikan dayung terjadi secara bersamaan dalam jumlah besar. Ikan jantan akan berenang mengelilingi betina dan mengeluarkan sperma untuk membuahi telur yang dikeluarkan betina. Telur yang telah dibuahi ini akan menempel dengan erat pada permukaan yang keras seperti kerikil atau pasir di dasar sungai, seperti yang diinfokan oleh situs web animaldiversity.org.

Bagi para penghobies ikan ini sering menjadi tankmate bersama ikan sturgeon yang sesuai di dalam aquarium dan karena keduanya sama-sama memiliki ciri fisik yang primitif dan unik.

Semoga infonya bermanfaat.



Kuningan Juli 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan