Kamis, 18 Juli 2024

Sultan aquatic Karanganyar

Sultan aquatic Karanganyar

Berawal dari hobi memelihara ikan hias membuat Mas Lukman Aktovianta kini menjadi suplier dan menjual aneka jenis ikan hias yang beragam mulai dari Arwana, Chana, glofishh, maskoki dan ikan-ikan eksotis lainnya. Memulai bisnis ikan hias ini dimulai sekitar tahun 2018 dan dari usahanya ini dinamakan Sultan aquatic yang berada di Karangayar Jawa Tengah.

Menurutnya sebelum memulai bisnis ikan hias ia mendapat inspirasi dari sepasang ikan hias peliharaannya dirumah yang awalnya diberikan oleh teman untuk mulai belajar beternak yang kemudian berhasil memperbanyak anakan dari ikan hias yang diternakan. Setelah berhasil membudidayakan dari salah satu jenis ikan hias tersebut, lantas ia mendapatkan ide untuk menjual ikan hias ini dengan cara dititipkan di pasar-pasar ikan yang berada dikawasan sekitar Karangayar.

Saat sudah dikenal sebagai pebisnis ikan hias ia mulai berjualan di depan rumah dan masih menggunakan ember besar untuk menjajakan ikan hiasnya. Penjualan ikan hias yang dapat memutar keuangannya dengan baik tersebut, ia mulai membelanjakan uang hasil dari keuntungannya untuk membeli aquarium, dan seiring berjalannya waktu aquariumnya semakin bertambah berikut alat pendukungnya seperti aretor dan filter.

Respon pasar yang baik dan mulai ada permintaan, kemudian ia mulai merambah pada jenis ikan lain yang diminati pasar seperti ikan yang sedang ramai dan diminati penghobies, menariknya ia mendapat info dari permintaan dari para customernya.

Sempat juga ia mengimpor ikan jenis louhan dari Thailand untuk memenuhi permintaan dari customernya, bisnis impor louhan ini  berjalan sampai tiga tahun karena pada saat itu negara sedang mengalami pandemi yang membuatnya tidak bisa impor ikan louhan kembali karena ada peraturan larangan impor dari pemerintah Indonesia. Kemudian ia beralih pada ikan channa yang menurutnya ramai dibicarakan oleh para penghobies dan ia tetap ikuti permintaan pasar dan penjualananya melonjak tinggi.

Berawal dari menjual secara eceran kini Sultan Aquatic sendiri merupakan pusat grosir ikan hias dan menurut info yang admin dapat adalah harga ikan hiasnya terkenal murah dan terjangkau. Keunikan dari usahanya terletak pada harga ikan hias yang ia jual dan mematok harga yang jauh lebih murah. Hal ini dikarenakan ia memiliki sumber ikan hias langsung dari para petani pembudidaya ikan. Strategi harga murah ini terbukti ampuh menarik minat para pembeli dan tak hanya pembeli eceran, banyak juga pedagang ikan hias keliling yang datang untuk membeli ikan hiasnya.

Kisah pengalaman bisnis ikan hias yang penuh lika-liku ini, seperti pernah mengalami kerugian dan kembali mendapatkan solusi untuk mencapai keberhasilan ini menjadi bukti bahwa dengan ketekunan, pengetahuan dan strategi marketing yang tepat sasaran hobi ini pun dapat menjadi sumber penghasilan yang menguntungkan. Diharapkan dari vlog video channel youtube Espos ini dapat menjadi motivasi bagi siapa saja yang ingin memulai usaha dari hobi. 

Semoga infonya bermanfaat.


Kuningan Juli 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan