Senin, 15 Juli 2024

Farm pembesaran ikan sidat di Bogor

Artikel kali ini adalah tentang review video youtube farm ikan sidat atau pembesaran belut untuk konsumsi yang berkokasi di Cipicung Kabupaten Bogor. Video yang diunggah channel youtube Sidat Labas Official dengan judul Farm Tour | Jelajah Isi Farm Ikan Sidat di Indonesia yang diupload 23 september 2020.

Menurut info dari host bahwa farm yang dikelola oleh PT. Laju Banyu Semesta ini adalah farm ikan sidat yang sangat dekat dengan wilayah Jabodetabek dan Perusahaan Budidaya Sidat Pertama Karya Anak Bangsa. 

Farm pembesaran ikan sidat 
Screenshot channel youtube Sidat Labas Official

Host juga akan memberikan info bagaimana farm ini bisa menjalankan proses pengembangan dari budidaya pembesaran sidat dimulai dengan melihat jejeran kolam beton sebagai kolam pembesaran berbentuk persegi panjang dan dalam satu kolam akan ditaruh ikan sidat dari ukuran 10 gram perekor dan akan dibesarkan hingga 250 gram. 

Ikan sidat dalam kolam pembesaran diberikan pakan  Screenshot channel youtube Sidat Labas Official
Ikan sidat dalam kolam pembesaran diberikan pakan 
Screenshot channel youtube Sidat Labas Official

Dalam pemberian pakan ikan sidat diperlukan alat untuk yang dapat menampung pakan atau feeding tray seperti gambar diatas yaitu dengan wadah  yang dapat mengapung di permukaan air yang mana terdapat celah terbuat dari ram, wadah ini akan ditaruh dikolam dan berada dipermukaan air. Ikan-ikan sidat akan memakan pakan berbentuk pasta bernutrisi tinggi yang berbentuk gumpalan melalui celah-celah dari ram yang dilakukan 2 kali sehari yaitu pagi dan sore.

Kualitas air dalam kolam bundar bahan terpaulin di farm menggunakan sistem sirkulasi air yang mumpuni seperti menggunakan inject oksigen dan filter fisik, biologi dan kimia serta lampu UV sehingga kondisi airnya dapat menunjang pertumbuhan ikan sidat lebih optimal.

Ikan-ikan sidat dari farm yang sudah di panen akan di proses menjadi makanan olahan yang diproduksi oleh farm menggunakan peralatan steam yang memadai. Bagi para pecinta kuliner ikan sidat memiliki daging yang lembut dan gurih diolah menjadi berbagai hidangan lezat seperti bumbu kuning, satai sidat dan sup sidat. Sensasi rasanya yang unik dan tentunya kaya manfaat dari nutrisi daging sidat.

Semetara menurut situs web Sidatlabas.com bahwa perusahannya membesarkan tiga jenis ikan sidat yaitu glass ell, elver dan fingerling dan melayani pengiriman benih dan kosumsi untuk seluruh wilayah di Indonesia. 

Sidat adalah salah satu ikan asli perairan Indonesia yang kini menjadi komoditas unggulan. Komoditas ikan ini diunggulkan karena kaya akan manfaat dan rasa dagingnya yang nikmat dan gurih. 

Semoga infonya bermanfaat.


Kuningan Juli 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan