Selasa, 16 Juli 2024

Pakan umpan ikan predator di kolam Iqbalizda

Review video youtube kali ini adalah tentang vlog channel youtube iqbalizda dengan judul KASIH MAKAN 200RIBU IKAN WARNA-WARNI BUAT ARAPAIMA GIGAS RAKSASA! Yang diupload pada tanggal 14 Juli 2024.

Dalam vlog video terbarunya Iqbal akan membeli ikan-ikan komet dengan total belanja Rp. 200.000 untuk dijadikan pakan ikan arapaima gigas di kolam ikan predator. Untuk membeli ikan komet Iqbal membelinya di kawasan pasar Muara Baru di Bandung yang merupakan sentra toko ikan hias, dan salah satu toko sudah menjadi langganannya untuk berbelanja. 

Kawasan ini sudah dikenal oleh para penghobies sebagai kawasan penjualan ikan hias dan pakan umpan ikan predator. Seperti dikutip dari situs sokoguru.id "Pasar Ikan Hias Muara satu-satunya yang terbesar di Kota Bandung. Berdiri semenjak 1980-an, pasar ini menjadi tempat mendulang rezeki bagi puluhan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang menawarkan berbagai jenis ikan hias air tawar dan laut".

Sebagai info untuk membeli ikan komet di toko ini dihargai perkilo bukan satuan ekor dan per satu kilogram ikan komet yang dijual adalah Rp. 80.000 seperti yang dituturkan oleh kameramen. selain ikan komet di toko ini juga menjual ragam ikan umpan seperti anakan ikan mas dan lele.

Sebelum memberikan ikan komet ke kolam utama khusus predator ukuran besar, ia juga memperlihatkan beberapa peliharaan lainnya didalam aquarium seperti kodok pacman, ikan channa dan kura-kura ukuran besar untuk diberikan ikan-ikan komet ukuran kecil ini.

Kolam ragam ikan predator  Screenshot channel youtube Iqbalizda
Kolam ragam ikan predator 
Screenshot channel youtube Iqbalizda

Pada kolam utama terlihat terdapat beberapa jenis ikan yang berbeda-beda seperti ikan aligator, channa maru, kura-kura, lele dan patin albino. Saat diberikan ikan komet ikan arapaima tersebut belum mau mengejar ikan dan selalu masuk dalam celah dalam kolong filter kolam, sementara ikan lain sangat agresif dan lahap saat diberikan ikan komet. 

Selang beberapa waktu ikan arapaima ini akhirnya muncul juga dan ada respon untuk makan yaitu terlihat mengejar namun belum tampak agresif karena sering berhenti kembali dan masuk dalam celah tidak seperti ikan lainnya yang terus berusaha mengejar sampai dapat. Menurut Iqbal bahwa ikan arapaima jika memakan ikan yang ada dipermukaan air itu ada ciri khas yaitu terdengar bunyi hentakan yang keras, yang sebelumnya juga suara khas ini juga terdengar saat ikan arapaima berada di dalam kolong filter kolam.

Perlu diketahui juga bahwa dalam vlog videonya ikan arapaima ini tampak masih beradaptasi di kolam karena baru datang sekitar 3 hari yang lalu, dan menurut info ikan ini perlu adaptasi di lingkungan barunya selama 1 sampai 2 minggu sehingga ikan tersebut bisa memakan pakan umpan hidup yang diberikan pemeliharanya. 

Menurut admin pribadi memberikan pakan umpan ikan predator yang terbilang mahal ini sebenarnya tidak direkomendasikan karena masih bisa menggunakan ikan dari jenis lain seperti ikan cere atau selar sebagai pakan umpan yang lebih murah harganya, karena dialam aslinya ikan ini juga memakan ikan-ikan berukuran kecil dan serangga yang berada di permukaan air. Namun menurut info dari Iqbal bahwa ikan ini memang sudah terbiasa memakan ikan komet dari pemelihara sebelumnya, dan mengikuti dari kebiasaan ikan tersebut.

Semoga infonya bermanfaat.


Kuningan Juli 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan