Sabtu, 20 Juli 2024

Cara mengetahui arwana silver platinum

Cara mengetahui arwana silver platinum 

Pada kesempatan ini admin kembali review video youtube yaitu tentang ikan arwana platinum yang mana ikan ini terbilang susah untuk diprediksi karena ada masa siklus pada kelahiran dari ikan dengan warna yang istimewa ini, dan menurut info yang admin ketahui biasanya akan ada satu ekor ikan dari telur-telur ikan arwana yang sudah berhasil menetas yang dipelihara induk jantan. 

Bersama Nicholas Kurniawan selaku owner Venus Aquatics akan memberikan info terkait dengan ikan arwana platinum melalui vlog video di channel youtubenya Venus Aquatics Chnannel dengan judul CARA MEMBEDAKAN IKAN PLATINUM ASLI DAN PALSU! HOW TO SPOT REAL AND FAKE PLATINUM AROWANA yang diupload 9 Agustus 2020.

Dalam vlog video Nicholas akan unboxing ikan pesanannya yaitu tiga ekor arwana silver arwana platinum berwarna putih dan beberapa ikan arwana silver albino yang berwarna agak kuning yang masih berukuran kecil kiriman dari supliernya. Namun kali ini ia akan memberikan info tentang ikan warna platinum karena merupakan proses genetika secara alami yang lebih langka.

Sebelumnya ia juga menjelaskan bahwa ikan arwana platinum bukan saja dari jenis superred bahkan ikan arwana jenis lain pun bisa mengalami kelainan genetik dan berwarna platinum seperti ikan jenis arwana silver, dan perlu diketahui juga ikan arwana Jardini platinum juga sudah ada  seperti koleksi di Han Aquatic di Bandung.

Menurutnya ikan arwana platinum itu memiliki ciri khas secara umum, yaitu ikan sangat berwarna putih seperti salju dari sekujur tubuhnya sampai pada bagian kepala dan diliputi warna metalik, akan tetapi ikan ini juga ada yang palsu atau tidak masuk kriteria, karena menurut infonya ada istilah "hasil masakan" seperti suntikan atau cara lain untuk memutihkan. 

Berdasarkan pengalamannya ia sendiri pernah terkecoh oleh para pedagang lain dan sepertinya pada saat itu Nicholas belum memahami tentang ikan yang berkategori arwana platinum alami. Dengan seiring berjalannya waktu dan sudah lama berkecimpung di dunia ikan hias kini ia lebih paham dengan ikan platinun ini dan terlihat "beda" dari segi warnanya yang sangat mencolok.

Ikan yang palsu biasanya akan ada istilah grade ini dan itu dan sebenarnya tidak ada istilah grade, dan biasanya dihargai jauh dari harga ikan yang asli dan tidak seputih warna salju dan kurang mengkilap seperti yang asli.

Mengenai harga ikan arwana silver platinum berukuran kecil yang di unboxing oleh Nicholas Kurniawan itu bisa mencapai puluhan sampai ratusan juta perekornya karena keberadaanya termasuk sangat langka.

Tips untuk penghobies yang ingin mengetahui atau tertarik untuk membelinya adalah dengan melihat kredibilitas  penjualnya, seperti mengetahui kejelasannya dari ikan tersebut. Nicholas sendiri jika memang penjualnya sudah lama dipercaya ia tak perlu lihat ikannya karena penjual tersebut sudah dapat kepercayaannya dan akan berbicara lebih lanjut. 

Jika memang penjual tersebut belum terlihat kredibilitasnya maka yang perlu dilihat adalah kondisi fisik ikan tersebut yaitu seperti ciri-ciri diatas ikan berwarna putih dan diliputi warna metalik, terutama pada bagian kepala akan ada corak mahkota seperti kelir warna cat tembok warna putih atau susu, dan yang paling mencolok adalah pada lingkar matanya terlihat berwarna putih dan tengahya tetap hitam jika sudah terpenuhi kriteria tersebut maka bisa dipastikan ini adalah ikan arwana silver platinum asli.

Pada bagian tubuh juga perlu diperhatikan yaitu ikan arwana silver platinum terkadang memiliki kondisi tubuh yang kurang sempurna terlihat kondisi dari ikan tersebut seperti ikan yang di unboxing ada yang mengalami insang terbuka, namun hal ini bisa dilakukan operasi oleh para ahli bedah ikan arwana saat ia menunjukan ikan-ikan di vlog video. Dari ketiga ekor ikan hanya ada satu yang terbilang berkualitas sangat baik yaitu kondisi badan dan insang yang sempurna.

Info menarik lainnya adalah mengenai genetika ikan arwana silver seperti yang dijelaskan Nicko bahwa pada saat indukan ikan albino dikawinkan dengan albino maka akan dapat dihasilkan anakan yang juga terdapat ikan albino, sementara indukan ikan platinum dikawinkan dengan ikan platinun maka anakannya belum tentu mendapatkan platinum. Itulah yang membuat ikan arwana platinum itu berharga mahal karena menurut admin sendiri seperti ada waktu siklus untuk mendapat kelainan genetiknya. 

Perlu diketahui juga ikan arwana antik dan langka ini memiliki akses penjualan dari orang-orang tertentu yang mengetahui ikan-ikan kelainan genetik yang berharga tinggi. Memiliki ikan jenis ini merupakan kebanggan tersendiri bagi para penghobies atau kolektor, karena jika pun para penghobies itu mampu untuk membeli bisa saja ikan tersebut belum tersedia di pasaran.

Semoga infonya bermanfaat.


Kuningan Juli 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan