Senin, 01 Juli 2024

Saka Koi dealer ikan Koi besar di Jogja

Jogja yang merupakan kota budaya dan terkenal dengan keramahan penduduknya yang mana sudah sejak lama mengenal dunia ikan koi dan keanekaragamannya. Baru-baru ini seorang youtuber ternama Mas Suba dari Wahana Koi mengunjungi salah satu dealer dan farm ikan koi besar di Jogja. 


Seperti diketahui Jogja dan daerah sekitarnya kini juga mulai dikenal sebagai surga bagi para pecinta ikan koi. Menurut info yang admin dapat bahwa minat masyarakat terhadap ikan koi di wilayah ini mengalami peningkatan yang lumayan pesat. Hal ini terlihat dari banyaknya komunitas koi yang bermunculan serta semakin maraknya acara pameran dan kontes koi yang diberitakan oleh beberapa situs web berita lokal.

Review video youtube kali ini adalah melihat aktifitas farm dan showroom ragam ikan koi yang yang diupload oleh channel youtube KOISpedia pada 26 Juni 2024. Dalam videonya, Mas Fajar Amin selaku pemilik Saka koi Jogja menunjukkan berbagai sudut mulai dari kolam-kolam ikan koi yang tertata rapi sampai sistem pengelelolaan farm. 

Berdasaran liputan video terdapat showroom koi yang berada di Jogja ini memiliki beberapa kolam dengan kedalaman 1 sampai 2 meter dengan water treatment yang mumpuni untuk puluhan ikan koi beragam jenis dari ukuran 30 sampai 70 cm yang siap dijual. 

Salah satu aquarium yang menarik perhatian adalah sebuah megatank ornamen ukuran 3x6 meter persegi dengan kedalaman 2 meter yang dilapisi kaca tebal untuk pajangan ikan koi ukuran jumbo. Kolam khusus ini memakai pompa berkapasitas besar yaitu 25 ribu liter perjam.

Selain showroom penjualan juga terdapat empat kolam tanah sebagai tempat pembesaran yang rata-rata memiliki kedalaman 2 meter. Ikan-ikan koi pada kolam tanah dilengkapi mesin auto feeder diisi oleh ikan koi berukuran kecil diukuran 15-20 cm yang akan dibesarkan selama 6 bulan lagi.

Ditempat lain seperti bangunan hatcery terdapat beberapa kolam bundar dari berbagai ukuran bahan terpaulin yang berisikan ratusan ekor koi berukuran sedang dan merupakan hasil breeding dari indukan Saka Koi, nantinya akan dimasukan dalam kolam tanah untuk dibesarkan.

Secara keseluruhan Saka Koi Jogja memiliki dua tempat yaitu kolam khusus pembesaran di daerah Tulungagung dan showroom berikut kolam pembesaran di Jogja. Sementara Indukan koi yang akan dilakukan breeding bermitra dengan para pembudidaya koi di Tulungagung.

Saka koi juga ada group lelang dan ikan koi yang dihasilkan dari farmnya sudah dikirim ke luar negeri seperti ke Malaysia dan tentunya penghobies koi di tanah air seperti  wilayah DIY, Klaten, Solo, Wonosobo, Purworejo, Bandung, Jakarta, Surabaya. Untuk yang di luar jawa seperti Pontianak, Aceh, Medan, Samarinda, hingga ke Manado seperti yang diinfokan oleh situs berita jogja.suara.com.

Semoga infonya bermanfaat.



Kuningan Juli 2024

1 komentar:

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan