Jumat, 11 September 2020

Pengalaman belajar ngeblog di Internet tahun 2008

Ini adalah pengalaman saya belajar blogging di Internet tepatnya pada waktu tahun 2008, awalnya adalah sering mencari info tentang cara bisnis di Internet dan sering menemukan iklan banner dengan kalimat yang bisa membuat orang-orang tertarik kalau tidak salah kalimatnya seperti ini "bisnis dari rumah dengan hp" ada juga " usaha dari hp menghasilkan jutaan" ya..kurang lebih kalimatnya tentang usaha online.

Pada waktu itu kebetulan saya tertarik dengan iklan yang bertuliskan "elektronik gratis"  lalu setelah dibuka ternyata isinya adalah cara-cara untuk mendapatkan barang elektronik secara gratis dari perusahaan yang memproduksi produk elektronik..setelah itu untuk mendapatkan trik selanjutnya produk digital tersebut saya harus membayar dengan cara transfer. Terus terang saya masih belum paham apa maksud produk yang dijual namun setelah dipelajari bahwa ini adalah produk digital atau sering disebut ebook berbayar.

Singkat cerita saya transfer lewat atm, lalu kalau tidak salah untuk membuka akses ebook online tersebut ada kode password dan email agar ebook dapat diaktifkan. Isi ebook online saya pelajari sampai sekian lama namun walaupun sudah paham kemampuan untuk action belum tercapai karena terlalu rumit bagi saya dan belum ada keberanian.

Masih ada rasa ingin tahu lagi bagaimana cara untuk  mendapatkan uang  dari internet satu lagi saya menemukan ebook dan membeli produk tersebut namun masih belum ada kecocokan dan uang keluar lagi namun tidak percuma karena akhirnya saya paham dasar-dasar bisnis online.

Selanjutnya saya pergi ke toko buku Gramedia di ITC Cempaka mas disitu ada buku yang sangat menarik yaitu buku " 88 mesin uang di internet". Buku inilah yang memotivasi saya untuk belajar tentang bisnis internet dan isinya sangat bagus karena salah satu bacaannya adalah bagaimana cara membuat blog di blogger, jujur saya pada waktu itu belum paham apa itu blog.

Akhirnya saya membuat blog yang tipsnya sudah ada dalam buku tersebut secara detail sehingga blog pertama terbuat dengan nama blog yang beralamat sari1099.blogspot.com (kini sudah dihapus) Blog berisikan tentang macam-macam bisnis internet dan mereview situs-situs yang bertemakan bisnis online seperti PTC dan lain sebagainya.

Perlahan namun pasti blog sering diupdate namun masih belum ada pengunjung  dan saya masih enjoy karena mungkin beberapa waktu lagi blog akan baik dimata search engine. Sambil ngeblog saya cari informasi lagi bagaimana cara mengoptimasinya dan membaca info di blog yang sudah berpengalaman bahwa jika untuk mengoptimasinya harus melakukan update blog secara rutin dan terjadwal.

Akhirnya saya membutuhkan ebook yang bisa membantu optimasi blog  agar lebih bagus performanya, pada waktu itu saya membeli produk "Rahasia Search Engine" karya mas Kusuma yang pada waktu itu terkenal dengan blog nya yang ramah dengan mesin pencari.

Semenjak mempelajari ebooknya dengan anjuran yang disarankan, Alhamdulillah blog yang saya kelola bisa dengan mudah dicari orang-orang di Internet. Perlu diketahui juga bahwa ebook tersebut banyak mempelajari ilmu seo yang mana ilmu ini memang sangat bermanfaat bagi pemilik website.

Sampai sekarang kegiatan blogging saya masih berlanjut dan terus mempelajari ilmu seo yang terus berkembang.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan bisa memotivasi rekan-rekan yang ingin belajar mempublikasi pengalaman atau tutorial di internet melalui tulisan, foto dan video lewat blogger.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan