Selasa, 07 November 2023

Aquarium ekosistem natural sederhana

  

Aquarium habitat alami
Aquarium ekosistem alami
diisi Daphnia Magna

Foto diatas adalah aquarium sistem natural dan hampir serupa dengan aquarium aquascape namun dibuat lebih sederhana karena bahannya mudah didapat seperti tanah, pasir dan tanaman air.

Menurut praktisi berpengalaman ketiga bahan tersebut sangat penting karena besar manfaatnya untuk kehidupan ikan-ikan didalam aquarium. 

Masing-masingnya memiliki peran agar sirkulasi kehidupan diaquarium seperti ekosistem diperairan yang terdapat ragam kehidupan seperti adanya rantai pakan hidup dan sistem penguraian termasuk limbah ikan maka ketiga bahan tersebut merupakan pondasinya.

Tanaman air yang berdiri diantara pasir dan tanah adalah elemen penting karena tanaman air melakukan fotosintesis yang menghasilkan oksigen juga membantu menyerap amoniak agar tidak menjadi limbah yang berbahaya bagi ikan. Sementara limbah ikan akan menjadi nutrisi bagi tanaman maka terdapat lingkungan yang saling membutuhkan.

Perlu diketahui bahwa teknik ini sangat beragam ada juga praktisi yang memberikan campuran pada tanah misalnya dengan menambahkan bahan lainnya sebagai suplemen alami. Suplemen ini biasanya dijual ditoko khusus perawatan aquarium dan bukan ditoko ikan hias. 

Admin sendiri tidak memakai suplemen tambahan hanya mengandalkan ketiga bahan yaitu tanah subur dari sekitaran pohon buah, pasir putih pantai dan tanaman air yang tumbuh disekitaran taman.

Sebagai tambahan aquarium juga bisa memasukan daun kering jatuhan dari pohon yang sudah rusak terendam air secukupnya yang mana daun tersebut akan membawa hewan air berukuran nano yang keberadaannya sangat bermanfaat di lingkungan aquarium.

Semoga artikelnya dapat bermanfaat.


Kuningan November 2023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan