Kamis, 23 November 2023

Perbanyak Daphnia di wadah ember

Daphnia magna merupakan salah satu jenis kutu air besar yang biasa digunakan sebagai pakan ikan hias dan anakan ikan konsumsi. Kutu air ini memiliki kandungan protein tinggi, sehingga sangat baik untuk pertumbuhan dan warna ikan. 

Memelihara daphnia magna dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan menggunakan wadah ember. Cara ini cukup mudah dan sederhana sehingga dapat dilakukan oleh siapa saja termasuk yang pertama kali melakukan budidaya. 

Pelihara daphnia di dalam ember yang berisi tanah
Daphnia magna diember dengan substrat tanah

Berikut adalah pengalaman admin dalam membudidayakan daphnia magna di ember  berukuran besar sekitar 30 liter yang berisi air, tanah dan tanaman air. Tanah berfungsi sebagai substrat tempat daphnia magna hidup agar seperti dihabitat aslinya sedangkan tanaman air berfungsi sebagai tempat berlindung.

Pemberian makan

Pemberian pakan diberikan setiap 2 hari sekali dengan jumlah yang disesuaikan dengan jumlah daphnia magna. Pakan yang diberikan adalah air hijau dari air bekas pemeliharaan ikan konsumsi dikolam. Pemberian pakan selanjutnya bisa dicirikan yaitu saat air kembali bening dan terlihat dasar substrat tanah.

Pengalaman admin dalam membudidayakan yang sudah berjalan hampir satu bulan di ember ini cukup berhasil karena Daphnia magna dapat berkembang biak dan jumlahnya terlihat semakin banyak. 

Diharapkan dengan cara ini, perbanyakan kutu air dapat terus berkesinambungan kedepannya karena merupakan pakan yang disuka dan mudah dikonsumsi anakan ikan.

Semoga infonya dapat bermanfaat.


Kuningan November 2023


Artikel terkait

Pertumbuhan dan Perkembangan Daphnia

Tentang Daphnia di Pelihara satu ekor


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan