Selasa, 07 November 2023

Tentang air black water untuk ikan hias


Perairan black water adalah perairan yang memiliki warna gelap biasanya berwarna agak coklat atau terkesan berwarna kehitaman. Warna air yang gelap ini disebabkan oleh kandungan tanin yaitu senyawa polifenol yang berasal dari tumbuhan yang tinggi dalam air. Sebagai contoh sungai di lembah Amazon memiliki perairan black water yang kaya akan kandungan tanin. 

Salah satu ikan yang terbiasa di perairan black water adalah ikan hias neon tetra yang bisa beradaptasi dengan kondisi perairan ini dengan cara mengembangkan warna yang cerah untuk memudahkan ikan tersebut untuk saling melihat di perairan yang gelap. 

Menurut pantauan admin bahwa sudah banyak ikan hias asal perairan black water dari lembah amazon yang diperdagangkan di Indonesia bahkan para breeder bisa membudidayakannya dengan benar tentunya mengikuti dan mengamati habitat asli ikan misalnya dengan cara menambahkan rendaman daun ketapang untuk menurunkan pH air didalam wadah pemijahan.

Ikan hias asal perairan ini rata-rata memiliki pola dan warna yang sangat bagus dan cantik, menurut admin bahwa kandungan tanin dapat mendorong ikan-ikan tersebut tampil lebih menarik secara alami.

Berdasarkan pengalaman mengikuti konsep black water pada aquarium dengan memasukan daun kering dan kayu lapuk dapat mencerahkan warna ikan hias secara alami asalkan pemberiannya cukup.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.


Kuningan November 2023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan