Senin, 06 November 2023

Tentang Ikan maskoki bali

Ikan maskoki Bali adalah ikan yang populer di Bali dan keberadaannya ada kaitan dengan kebudayaan China pada masa lampau. 


Menurut pantauan admin ikan ini memiliki ciri khas pada ekornya yaitu panjang dan sangat berpola seperti mekarnya bunga sepatu serta warnanya yang agak transaparan juga lebih panjang dari tubuhnya dan warna ikan sangat beragam seperti perpaduan hitam kecoklatan, merah putih dan hitam jingga.

Para peternak asli di Bali terbiasa memeliharanya di wadah air besar seperti guci dan dipelihara tanpa menggunakan aerator sebagai suplai oksigen dan hingga kini masih memakai cara para pembudidaya terdahulu sebagai warisan leluhur.

Dikutip dari situs Denpasarkota.go.id saat ini Ikan Mas Koki Bali sudah didokumentasikan dan diarsipkan dalam Pusat Data Nasional Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) Sumber Daya Genetik di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI.

Ikan maskoki bali atau sebutannya Be Barong dapat menjadi pilihan bagi para penghobi ikan hias karena tampilannya yang eksotis.

Semoga infonya bermanfaat.



Kuningan November 2023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan