Jumat, 08 Desember 2023

Pembesaran artemia hingga dewasa sederhana

Artemia Salina adalah makanan hidup untuk larva ikan yang memiliki gizi tinggi sehingga dapat mempercepat pertumbuhan larva ikan dengan baik.

Artemia Salina dapat ditemukan di perairan bergaram atau salt lake dari telur-telur yang dilepaskan induknya, telur tersebut berukuran sangat kecil dan bercangkang keras dan telur inilah yang diperdagangkan karena telurnya bisa bertahan lama didalam kemasan.

Saat ini para penghobi ikan hias sudah mengenal artemia dan sudah bisa menetaskannya dengan cara membuat air payau buatan yaitu mencampur air tawar dengan garam dengan perbandingan 1 liter air tawar dangan 30 gram garam krosok.

Tutorialnya sudah ada di Youtube, akan tetapi dengan beragam teknik youtuber masing-masing, rekan pembaca bisa menonton dan memilih video yang dirasa sangat mudah dan sesuai.


Pembesaran artemia

Artemia yang pada saat menetas memiliki ukuran sangat kecil ini bisa dibesarkan biasanya pada umur 1 bulan sudah bisa mencapai 1 cm lebih. Perawatannya perlu perhatian khusus karena dalam pembesaran artemia tetap memakai air dengan campuran garam yang sesuai. Berdasarkan pengalaman admin perbandingan air dan garam bisa dengan cara diatas yaitu 1 liter air dicampur dengan 30 gram garam.


Pemberian pakan 

Pemberian pakan artemia dari sejak menetas sampai berukuran besar bisa memakai cairan spirulina atau dengan cara youtuber yang berhasil membesarkannya seperti memberi campuran pelet udang dan em4 yang didiamkan sampai 24 jam dalam wadah berisi air tawar persatu liter. Pemberian pakan jangan terlalu berlebihan cukup berikan sesuai dengan jumlah populasi artemia.


Bisa bertelur

Perlu diketahui juga bahwa artemia yang dibesarkan ini bisa menghasilkan telur dan akan menetas kembali di wadah pembesaran. Menurut praktisi yang sudah melakukannya bahwa fase artemia bisa mengeluarkan telur dipengaruhi oleh tingkat salinitas air. 

Kita bisa melihat satu video youtuber Channel Dedi Scape yang sudah bisa membesarkan artemia yang menurut pantauan admin didalam video terlihat beberapa telur artemia dan adanya larva berukuran kecil di wadah pembesaran yang sama.


Peluang usaha 

Selain itu upaya pembesaran artemia ini juga dapat dijadikan peluang usaha yang mengutungkan, rekan pembaca bisa melihat marketplace Indonesia seperti Tokopedia dimana artemia berukuran besar ini dihargai oleh penjual Rp. 40.000 berisi 250 ekor artemia dewasa dan diminati oleh penghobi ikan hias.

Semoga infonya bermanfaat.


Kuningan Desember 2023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan