Minggu, 24 Desember 2023

Beberapa fakta menarik tentang artemia

Artemia salina adalah spesies udang renik air asin yang memiliki toleransi terhadap salinitas sehingga dapat ditemukan di berbagai habitat perairan asin. Udang yang dianggap purba ini merupakan hewan air asin memakan berbagai jenis makanan seperti alga dan bakteri.

Berikut adalah beberapa fakta tentang hal yang berkaitan dengan artemia yang admin tulis berdasarkan info di beberapa media di internet dan pengalaman admin sendiri.

1. Artemia dapat tumbuh dengan cepat jika diberi pakan spirulina secara berkala dan bisa tumbuh sampai 1 cm.

2. Artemia merupakan komoditas perdagangan penting untuk kepentingan pembenihan perikanan tawar dan laut didunia.

3. Cangkang dari telur artemia bisa menempel dengan alat teknologi yang mengandung magnet nama teknologinya adalah SEP-Art.

4. Telur artemia menjadi industri pakan ikan yang sangat diminati oleh pengusaha suplier pakan ikan dan mulai dikalengkan pada sekitar tahun 1960an.

5. Kandungan yang terdapat pada artemia dapat memperindah warna bulu burung Flamingo yang memunculkan warna merah jambu dikarenakan burung yang mempunyai warna dasar abu-abu ini rutin mengkonsumsi artemia.

6. Artemia ternyata pernah menjadi bahan penelitian penting seperti yang diberitakan yaitu Studi efek sinar kosmik pada telur Artemia salina selama penerbangan Apollo 16 pada tahun 1972. 

7. Artemia pernah dipopulerkan oleh ahli marketing bernama Harold von Braunhut yang mempopulerkan hewan air ini menjadi sangat diminati di Amerika yang disebut sea monkey melalui iklan dibuku komik sebagai hewan peliharaan dalam aquarium dan sampai sekarang masih menyandang nama sea monkey.

8. Dikutip dari situs Britannica.com bahwa artemia menjadi hewan yang lahir pertama diluar angkasa.

9. Great Salt Lake Artemia merupakan perusahaan yang meriset Artemia dan memimpin industri artemia yang berada di Amerika.

Semoga infonya bermanfaat dan membantu.



Kuningan Desember 2023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan