Kamis, 28 Desember 2023

Pelihara neon tetra dengan media tanah

Ikan neon tetra adalah ikan asal sungai Amazon dan merupakan ikan black water yang mana air habitat aslinya berwarna agak kecoklatan dan mengandung zat tanin sehingga ikan asal amazon dikenal dengan warna sisik yang sangat menarik. 

Ikan penghias aquascape ini sudah berhasil dibudidayakan di Indonesia oleh para peternak ikan hias di daerah Depok yang dikenal sebagai penghasil breeding neon tetra terbesar di Indonesia.

Berdasarkan pengalaman admin ikan neon tetra adalah ikan yang kuat dan bisa tumbuh optimal asalkan dipelihara dengan baik seperti selalu menjaga kualitas air dan memberikan makanan neon tetra yang bergizi tinggi. Makanan yang paling disuka adalah pakan hidup berukuran kecil seperti anakan daphnia magna, artemia dan cacing darah.

Dipelihara di wadah dengan media tanah

Memelihara ikan hias yang mendominasi pasar ekspor ikan hias di Indonesia ini mudah dan dapat dilakukan dengan sangat sederhana yaitu dengan mengisi wadah dengan media tanah dan tanaman air, cara ini sangat efektif karena warna neon pada sisi ikan neon tetra akan timbul biru menyala dan warna merahnya menjadi pekat.

Wadah pemeliharaan yang admin pakai adalah memakai ember kapasitas 30 liter dengan memberikan media tanah dan tanaman air. Tanah bisa diambil dari sekitar lingkungan dan dicuci agar terbebas dari kotoran lain atau membeli tanah humus yang dijual ditoko tanaman hias. Tanaman air untuk pemeliharan pilih yang bisa menyerap kotoran ikan atau amonia dengan baik, kita bisa mencari dan memesan tanaman air di toko-toko online aquatic di marketplace.

Ketebalan media tanah didalam ember adalah sekitar 5 cm, ini sudah cukup untuk memelihara ikan hias neon tetra dengan metode alami. Sekitar satu minggu akan muncul hewan-hewan air dan larva chironomus ( cacing darah) secara alami yang akan menjadi makanan ikan neon tetra.

Dengan cara ini ikan akan tumbuh sehat dan gemuk karena pakan alaminya terpenuhi dan admin juga jarang sekali mengganti air karena terdapat sistem ekosistem alam yang diterapkan seperti airnya selalu bening saat terkena bias cahaya matahari.

Dalam pemeliharaan sementara ikan yang dimasukan hanya 2 ekor saja agar makanan alami selalu tersedia sepanjang ikan ini masih hidup, dan jika sistem ekosistem pakan alaminya berlimpah  memungkinkan bisa ditambah beberapa ekor ikan lagi.

Cara ini dilakukan admin untuk memperoleh indukan ikan neon tetra yang berkualitas dan memberikan nuansa alami pada ikan. 

Dengan demikian bahwa media tanah dan tanaman air sangat efektif untuk memelihara ikan hias neon tetra atau ikan hias lainnya dalam wadah ember besar ini.

Semoga info pengalaman pelihara ikan neon tetra ini bermanfaat.


Kuningan Desember 2023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan