Rabu, 27 Desember 2023

Tentang istilah ppt salinitas air

Artikel kali ini adalah tentang istilah ukuran salinitas air atau tingkat kadar asin (garam) pada air, yang mana istilah ilmu tentang air ini perlu diketahui oleh penghobi ikan hias karena suatu saat bisa digunakan, dikarenakan saat ini banyak jenis ikan serta karakternya yang beragam khususnya ikan laut perlu penanganan dan tentunya para penghobi ikan hias diharapkan menguasai cara merawat ikan dengan benar. 

Seperti saat akan menetaskan telur artemia maka dibutuhkan salinitas air yang pas sesuai dengan petunjuk para ahli yang sudah mempelajari karakter dari artemia tersebut. Kadar salinitas air yang kurang pas akan ada dampak yang akan membuat telur artemia lama menetas dikarenakan pemberian garam yang berlebihan. 

Sebagai contoh tulisan yang terdapat istilah kadar air yang mengandung garam dapat dilihat di kutipan artikel miniblog x.com dibawah ini, 

Nila Srikandi merupakan strain ikan nila unggul hasil persilangan antara Nila Nirwana dan Nila Biru. Nila Srikandi mempunyai karakter tumbuh cepat di perairan payau (salinitas 10-30 ppt)

Bagi yang belum mengerti tentu saja belum bisa mempraktekan, karena belum mengetahui ilmu dan cara menguraikan istilah tersebut. 

Jika diuraikan secara sederhana maka arti dari salinitas dari angka 10 - 30 ppt adalah : 

Salinitas air 10 sampai 30 ppt (part per thousand) adalah bahwa setiap 1 liter air mengandung 10 sampai 30 gram garam terlarut.

Semoga info tentang istilah satuan salinitas ini ini dapat bermanfaat.


Kuningan Desember 2023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan