Senin, 03 Juni 2024

Menelusuri ikan dalam peliharaan

Artikel kali ini adalah tentang menelusuri jejak ragam ikan yang ada diseluruh perairan didunia yang mana ikan merupakan makhluk air yang luar biasa dan telah sejak lama dimanfaatkan oleh manusia dalam berbagai hal yang bermanfaat.

Dengan menelusuri dan mempelajari ragam jenis ikan di perairan dunia ini akan memberikan pengetahuan tentang kehidupan ikan yang memiliki dampak penting dengan lingkungan seperti membantu menjaga keseimbangan rantai makanan dan ekosistem lingkungan yang sehat. 

Berbagai info menunjukkan bahwa manusia awalnya telah memanfaatkan ikan sebagai sumber makanan terlihat seperti artefak kuno yang menggambarkan penangkapan ikan sebagai konsumsi dari berbagai jenis ikan, seiring berjalannya waktu menambah pengetahuan dari beberapa jenis ikan untuk dibudidayakan dalam memenuhi kebutuhan pangan. 

Namun seiring perkembangan meningkatnya standar hidup sebagian ikan yang mana terdapat nilai estetika dari ikan mulai menarik perhatian dan beberapa jenisnya dipelihara bukan untuk dikonsumsi melainkan untuk dinikmati keindahannya sampai saat ini di zaman modern. 

Menurut info dari situs petplace.com yang ditulis oleh Dr. Amy Wolff dalam judul artikelnya "history of the aquariums" bahwa manusia  sudah mengenal pemeliharaan ikan dalam wadah seperti kolam-kolam pada tahun 2500 sebelum masehi, dan menurutnya bangsa Mesopotamia diidentifikasi dan sebagai pemelihara ikan dalam wadah, kebudayaan kuno ini dinyatakan sebagai upaya menghargai ikan tidak hanya karena nilai gizinya tetapi juga karena keindahannya. 

Menurut pandangan admin sejarah ikan dari konsumsi menjadi hiasan ini mencerminkan perubahan budaya yang mana beberapa jenis ikan yang dulunya diburu untuk dikonsumsi, kini dipelihara karena keindahan dan terdapat nilai estetikanya. Nilai estetika pada ikan hias itu banyak sekali secara umum ada beberapa faktor utama yang menentukan nilai estetika ikan hias yaitu seperti bentuk tubuh, warna dan perilakunya. 

Sementara wawasan tentang perikanan saat ini tidak lepas dari kontribusi para penemu jenis ikan yang mana bermanfaat bagi dunia sains untuk generasi mendatang seperti para penemu yang bergelar Ichthyologist adalah ahli biologi yang mempelajari ikan termasuk anatomi, perilaku, lingkungan, dan interaksinya dengan organisme lain. Penemuan jenis-jenis ikan yang mereka temukan dapat memperkaya pengetahuan dan wawasan tentang kekayaan perairan di seluruh dunia sehingga dapat menginspirasi generasi selanjutnya untuk menjaga kelestarian ikan sehingga karya penemuannya membuka jalan bagi pemahaman modern tentang keanekaragaman hayati ikan. 

Secara keseluruhan ikan-ikan yang hidup banyak sekali berperan penting dalam ekosistem perairan dan selain untuk di konsumsi ragam jenis lainnya juga bisa menjadi hiasan yang sangat menghibur para pemeliharanya seperti hadirnya ikan-ikan yang dikategorikan sebagai ikan hias saat ini.

Semoga infonya bermanfaat



Kuningan Juni 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan