Minggu, 02 Juni 2024

Ikan albino yang diminati penghobi ikan hias

Ikan hias dengan kelainan seperti ikan albino yang memiliki warna putih pucat akibat kekurangan pigmen warna sering dicari oleh para penghobi ikan hias. Mengenai harga tentunya jauh lebih mahal dari pada ikan sejenis yang normal.

Ikan neon api albino Screenshot akun Blibli Andraquatic
Ikan neon api albino
Screenshot akun Blibli Andraquatic

Menurut info yang admin dapat bahwa terjadinya proses menjadi albino ini paling sering disebabkan oleh pewarisan gen resesif dari kedua induk ikan. Ikan dengan gen resesif (gen lemah) ini tidak dapat memproduksi melanin (zat pemberi warna hitam) dengan benar sehingga menurunkan anakan yang kelainan genetik seperti kondisi albino.

Pada habitat perairan dialam aslinya albinoisme adalah kondisi yang jarang terjadi pada ikan sehingga mereka dianggap lebih langka dan bagi para penghobi ikan ini lebih berharga dibandingkan dengan ikan yang normal, maka menjadi daya tarik sendiri sebagai ikan peliharaan yang unik sehingga menjadi peliharaan yang spesial.

Banyak penghobi ikan yang menyukai keindahan ikan albino dikarenakan warna putihnya yang bersih dan kontras dengan warna lingkungan aquarium dapat memberikan efek yang tenang dan damai misalnya saja dengan background latar belakang warna biru di dalam aquarium. Berbagai jenis ikan hias dari ikan corrydoras albino, cupang albino, guppy albino, lele albinonilem albino yang umum berada dipasaran hingga ikan predator yang eksotis seperti arwana silver albino dan hiu albino. Hal ini memungkinkan para penghobi ikan untuk memilih jenis ikan albino yang sesuai dengan selera.

Meskipun indah ikan jenis albino ini mungkin memerlukan perawatan khusus dibandingkan dengan ikan normal pada umumnya, misalnya saja termasuk sensitif terhadap cahaya terang dari cahaya lampu aquarium. Contohnya seperti yang di beritakan oleh situs berita kompas.com seekor ikan lung fish albino dihargai sekitar 12 juta rupiah dengan warna putih pucat dan bola mata berwarna merah yang mana menurut pengalaman penghobis yang memeliharanya ikan lung fish tersebut terdapat gangguan pada penglihatannya.

Menurut admin sendiri sepertinya tidak semua ikan yang mengalami albino memiliki kelemahan dalam hal penglihatan karena setiap ikan memiliki karakteristiknya sendiri.

Semoga infonya bermanfaat.



Kuningan Juni 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan