Selasa, 16 Mei 2023

Penilaian ikan louhan

Gambar ikan louhan di lembaran majalah Trubus

Ikan louhan juga dikenal sebagai ikan Flowerhorn, adalah salah satu jenis ikan hias yang populer di kalangan penghobi. Ikan louhan dinilai berdasarkan beberapa faktor, termasuk bentuk tubuh, warna, kepala, dan karakteristik uniknya. 

Ikan ini pernah heboh pada tahun 2000 an dan bisa dikatakan pada saat itu sempat dikatakan demam louhan, walaupun tidak seramai pada tahun 2000 an awal namun keberadaan penghobi ikan louhan sampai sekarang masih ada dan semakin berkembang dengan adanya komunitas louhan di Indonesia.

Gambar diatas adalah salah satu lembar majalah Trubus koleksi admin blog dc yang pada saat itu sering menampilkan iklan-iklan pendukung pemeliharaan ikan louhan seperti aksesoris aquarium, makanan pencerah warna sisik dan obat-obatan ikan.

Dengan adanya kontes tentu akan menarik minat para penggemar ikan hias untuk mendapatkan hal baru dari ikan yang akan dikonteskan dan tentunya jika menang akan menaikan pamor dari ikan louhan tersebut juga merupakan prestasi membanggakan bagi pemeliharanya.

Berikut adalah beberapa faktor penilaian umum untuk ikan louhan yang bisa admin blog posting:

Bentuk tubuh: Ikan louhan yang baik memiliki bentuk tubuh yang proporsional.

Warna: Warna ikan louhan menjadi faktor penting dalam penilaian. Ikan dengan warna yang cerah, kontras, dan tajam lebih dihargai. 

Kepala: Kepala ikan louhan juga menjadi perhatian para penilai seperti nonong di kepala yang simentris bentuknya.

Karakteristik: Setiap individu ikan Louhan memiliki karakteristik unik, beberapa ciri yang dihargai termasuk ekspresi wajah yang kuat, gerakan yang anggun, dan tingkat interaksi dengan pemiliknya.

Perlu diketahui bahwa penilaian ikan Louhan dapat berbeda-beda tergantung pada standar penilaian yang digunakan dalam kompetisi ikan hias yang lebih formal oleh para juri yang menilai.



Kuningan Mei 2023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan