Sabtu, 13 Mei 2023

Tanya jawab seputar ikan neon tetra



Ikan neon tetra adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang populer di dunia dan mudah dijumpai di pasar ikan hias. Ikan asal sungai Amazon ini memiliki warna dan strip neon yang menarik tentunya dapat menambah keindahan akuarium. 

Berikut adalah beberapa tanya jawab yang sering ditanyakan tentang ikan neon tetra

1. Apa yang membuat ikan neon tetra menjadi populer di kalangan penggemar ikan hias? 

Ikan neon tetra dikenal karena warna cerahnya dan kemampuan mereka untuk hidup dalam kelompok besar (schooling). Selain itu, ikan ini juga mudah dirawat dan cocok untuk pemula yang ingin memulai hobinya dalam memelihara ikan hias ukuran kecil. 

2. Apa saja jenis makanan yang dianjurkan untuk ikan neon tetra? 

Di habitat aslinya diperairan black water ikan neon tetra adalah ikan pemakan alami hidup bahkan cenderung pemakan segala seperti larva kutu air, akan tetapi kita juga dapat memberikan makanan yang dijual di pasaran, seperti campuran pelet ikan merek 48 , tetra bit, atau cacing darah dan cacing sutra yang sudah disterilkan. Untuk pakan buatan pabrik usahakan sering memperhatikan keadaan air apabila ada sisa pakan yang mengendap cepat lakukan pegurasan secukupnya menggunakan alat sifon agar tidak menimbulkan bau yang bisa membuat mabuk ikan neon tetra.

3. Bagaimana cara memelihara ikan neon tetra agar tetap sehat dan aktif? 

Agar ikan eksotis ini tetap sehat dan aktif, pastikan untuk memberikan makanan yang seimbang dan benar-benar bersih. Selain itu, pastikan akuarium selalu bersih dan mempertahankan pH air yang sesuai dengan kondisi ikan Neon Tetra, yaitu antara 6 sampai 7 (normal). 

4. Bisakah ikan neon tetra hidup bersama dengan ikan lain di dalam satu akuarium? 

Ikan neon tetra hidup dalam kelompok yang besar dan damai sehingga mereka biasanya cocok dengan ikan hias air tawar lainnya yang damai dan berukuran kecil. Namun, pastikan untuk tidak menggabungkan ikan neon tetra dengan ikan yang agresif atau memiliki kepribadian yang dominan, misalnya seperti ikan yang teritorial semisal nila, red devil dan sejenisnya.

5. Apa saja tanda-tanda jika ikan neon tetra sakit? 

Beberapa tanda-tanda yang menunjukkan bahwa ikan neon tetra sakit meliputi nafsu makan yang hilang, berenang dengan kurang aktif dan warna merah yang pudar. Untuk pencegahannya upayakan kebersihan optimal dalam aquarium agar terhindar dari white spot atau penyakit hilang ekor dan jika sudah terkena penyakit hilang ekor maka ikan neon tetra akan sulit untuk sembuh. 


Semoga infonya bermanfaat 



Kuningan Mei 2023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan