Sabtu, 15 Februari 2020

Tips agar Lobster air tawar nyaman di kolam

Berikut adalah artikel tentang bagaimana cara agar Lobster yang dipelihara merasa nyaman di kolam budidaya.

Artikel ini dapat masukan dari praktisi lobster air tawar sumber dari Channel Youtube Mr. jhon Undur Diri, yang mana mempunyai pengalaman lobster peliharaannya mati mendadak atau tidak disangka-sangka mengalami mabuk dalan air sehingga menyebabkan kematian.

Menurutnya ada tiga hal yang perlu diketahui agar lobster-lobster ini selalu sehat dan tidak mengalami mabuk diantaranya :

Memberi pakan secukupnya
Terlalu memberi pakan yang terlalu banyak sehingga banyak sisa makanan yang tersisa sehingga air menjadi bau dan menimbulkan amoniak. Saran terbaik beri pakan secukupnya saja atau 3 persen dari bobot badan lobster. Jika terlalu bernafsu memberi pakan maka akibatnya sangat fatal. Ini memang salah satu ujian untuk pembudidaya lobster karena memberi pakan pada ternak adalah hal yang sangat menarik, hal ini tidak bisa disamakan dengan memberi pakan pada budidaya ikan. Lobster air tawar hanya memakan pakan secara dikit demi sedikit memakai tangan dan kakinya ke mulutnya. Namun tenang saja memberi pakan secara rutin namun pas bisa membuat lobster peliharaan tersebut besar dan sehat. Usahakan air tidak berbau dari sisa-sisa makanan.

Perubahan pH Air
Perubahan ini bisa terjadi karena ada perubahan musim semisal air terkena percikan air hujan secara deras maka hal ini bisa menyebabkan hal yang fatal bagi lobster peliharaan karena menurut saya pribadi kita memelihara lobster tersebut dari kolam buatan bukan asli alam. Solusinya agar aman adalah memberikan atap bagi yang membudidayakan di luar ruangan agar tidak terkena air hujan dengan deras.

Kurang Oksigen
Menurutnya juga bahwa kekurangan oksigen dapat membuat lobster air tawar mabuk dan menyebabkan kematian. Jika lobster terbiasa memakai jasa oksigen dari aerator maka hal ini bisa membuat lobster air tawar hidup nyaman, namun bagaimana jika daya listrik mati maka Lobster ini bisa bertahan hingga beberapa jam saja dan jika terlalu lama misalnya seharian maka mereka akan lemas dan mati. Solusi sementara adalan beri alas agar si lobster bisa naik mencari oksigen bebas diatas permukaan air. Diharapkan dalam hal ini jasa aerator bisa berfungsi lagi mengingat jumlah lobster -lobster yang dibudidayakan.

Semoga tips-tips diatas dapat membantu. Semoga saja bagi peternak dapat membudidayakan dengan baik dan benar kebersihan air, ph air dan oksigen harus selalu dijaga keseimbangannya.

Update 16 Februari 2020


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan