Selasa, 04 Februari 2020

Tentang Ikan hias Botia di aquarium

Ikan Botia adalah ikan asli perairan Indonesia yang tersebar di Kalimantan dan Sumatra. Ikan ini memiliki 2 warna yang mendominasi yaitu hitam dan kuning. Terdapat 2 sungut di depan mulutnya yang menurut De hakim itu merupakan senjata atau menurut saya pribadi sebagai semacam patil.

Menurut pengalaman orang yang sudah pernah pernah memeliharanya ikan ini lebih senang dan aktif jika di dalam pemeliharaan aquarium dibuat seolah-olah seperti air yang berarus dan mengalir, karena memang di alam aslinya botia dapat terlihat di perairan sungai yang mengalir terus menerus.

Ikan omnivora ini akan lebih menawan jika dipelihara dalam aquarium dalam jumlah banyak karena ikan ini akan segera bergerombol dan akan tampak lucu dan menyenangkan apalagi jika diberi pakan. Dalam hal mencari makanan menurut saya seperti halnya ikan mas yaitu selalu mengaduk-aduk media dan seakan-akan terlihat rakus.

Jika melihat video youtube di Channel 98 ikan ini memiliki karakter unik yaitu terlihat seperti tertidur yaitu dengan memiringkan badannya kita bisa mengira bahwa ikan tersebut mengalami stress, padahal ini adalah hal yang biasa dilakukan oleh botia untuk beristirahat.

Semoga artikelnya dapat bermanfaat, jika ada kekurangan mohon dimaafkan. Bila ada rekan-rekan yang berpengalaman memelihara botia di aquarium diharapkan bisa berbagi ilmunya di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan