Kamis, 12 Oktober 2023

Daun kering lapuk di sungai dan kehidupan ikan

Daun kering asal jatuhan dari pohon yang berada di dasar perairan sungai bermanfaat sekali untuk kehidupan ikan karena daun jatuhan dari pohon ini adalah sebuah sistem alam yang masih berlaku sampai sekarang.
Sebagai contoh adalah terdapat daun-daun yang berada di dalam sungai dan tentunya sudah melapuk dan berwarna hitam atau coklat.

Ilustrasi daun jatuhan yang sudah lapuk

Awalnya daun kering yang rontok akan berjatuhan di air sungai lama-kelamaan akan tenggelam ke dasar perairan dan akan terjadi berulang kali. Sistem alam inilah yang diterapkan oleh para penghobi pelihara ikan air tawar dalam aquarium yang mendukung adanya ekosistem hidup di dalam aquarium salah satunya adalah memasukan daun kering yang berada di dasar air sungai secukupnya.

Menurut praktisi langsung dari channel Youtube Father Fish bahwa dedaunan yang berjatuhan yang berada dalam sungai pada umumnya sudah mengalami kerusakan ini memiliki bakteri serta hewan air berukuran nano lainnya yang bermanfaat sekali untuk kehidupan ikan.

Cara ini sangat efektif karena sifat alam bebas ikan yang dipelihara akan lebih aktif dalam mencari makanannya sendiri yang diperoleh dari proses alami antara air, tanah dan daun kering yang memunculkan aneka ragam kehidupan ekosistem micro fauna.


Semoga infonya dapat bermanfaat.


Kuningan Oktober 2023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan