Rabu, 18 Oktober 2023

Update kolam organik 18 Oktober 2023

Update kolam
Hari rabu pagi jam 06:30 pagi kolam organik mengalami bau menyengat pada airnya yang menyebabkan ikan megap-megap dan ada 2 ekor yang mati. Akhirnya kolam dikuras dan memasukan air baru kembali agar bau bisa berkurang dan melakukan upaya agar ikan bisa kembali berenang dengan normal.



Setelah di cek ternyata ada salah satu penyebab yang bisa membuat air kolam organik menimbulkan bau menyengat yaitu menaruh beberapa kotoran kambing dan beberapa ranting segar yang kemungkinan tidak cocok, karena bahan-bahan itu dimasukan 2 hari sebelumnya dan berbau busuk saat pelapukan. Sementara serasah daun sukun dan serabut kelapa tidak mengalami bau maka kedua bahan organik ini masih dimasukan dalam kolam bundar.

Dengan demikian perlu diperhatikan juga agar tidak memasukan bahan organik tersebut secara berlebihan terutama bahan organik kotoran hewan yang sudah dilakukan admin, juga kolam organik yang dikelola admin masih ada kekurangan yaitu belum ada tanaman air hidup, endapan tanah berlumpur dan pasir yang sangat mendukung kolam sistem natural ini. Rencananya akan segera memasukan tanaman air, tanah humus dan pasir yang bisa dibeli ditoko tanaman hias.


Alhamdulillah sekitar jam 08:30 ikan-ikan sudah kembali berenang normal dan bisa memakan pelet halus fengli.

Diharapkan info pengalaman dari kesalahan admin blog dc ini bisa bermanfaat.


Catatan: 
Admin tidak bisa upload foto karena ada sistem error di blogspot.


Kuningan Oktober 2023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan