Jumat, 20 Oktober 2023

Tentang pemijahan gurame

Ikan gurame adalah salah satu jenis ikan air tawar yang populer di Indonesia. Ikan ini memiliki nilai ekonomis yang tinggi karena dagingnya yang gurih dan lezat. 

Budidaya gurame menjadi primadona saat ini dikalangan pembudidaya karena tingkat kesulitannya juga ada tantangan untuk bisa berhasil dalam proses pemijahannya.

Berikut adalah beberapa proses sederhana untuk memijahkan gurame berikut video panduan dari Channel Youtube Dengke Sapet yang direkomendasikan oleh admin blog dc karena proses pemijahan akan dijelaskan dengan detail.


Pemijahan ikan gurame dapat dilakukan secara alami yaitu dengan cara 1:1 memijahkan ikan gurame jantan dan betina secara bersamaan di kolam pemijahan. Usahakan kolam pemijahan mengikuti standar para praktisi yang sudah berhasil misalnya berukuran 2 x 4 meter dengan kedalaman air 80 cm. 
 
Untuk memulai proses pemijahan letakan media serabut kelapa atau ijuk diatas air dengan rangka bambu atau kayu sebagai penyangganya dan sebuah wadah penyimpanan sarang yang akan dilakukan oleh ikan gurame jantan misalnya adalah tong sampah plastik, seperti layaknya membuat sarang gurame jantan akan mengambil satu persatu media sarang dari serabut kelapa tersebut dalam proses pendekatan dengan ikan gurame betina.

Setelah beberapa waktu maka jika memang sudah bertelur dan fertil atau sudah terisi dengan sperma jantan maka pada umumnya sarang yang sudah dibuat gurame jantan tersebut akan tertutup dengan media serabut dengan rapih maka pemijahan sudah berhasil dan sukses.

Menurut para praktisi yang sudah berpengalaman bahwa pemijahan ikan gurame termasuk lama karena proses sampai mengeluarkan telurnya yang sudah tersimpan rapih dalam sarang buatan indukan jantan bisa memakan waktu hingga 2 minggu.

Semoga infonya bermanfaat



Kuningan Oktober 2023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan