Selasa, 17 Oktober 2023

Kolam serasah organik

 


Video diatas adalah kolam organik yang dipenuhi dengan limbah serasah yang sedang dikuras 70 persen agar mendapat sinar matahari untuk menghangatkan air.

Manfaat dari menghangatkan air ini adalah efektif untuk menjaga ikan peliharaan terhindar dari penyakit whitespot yang mana jika terkena pada ikan akan menyebar pada tubuh ikan dan seringnya akan mengalami kematian. Pada umumnya whitespot tidak tahan dengan suhu tinggi atau agak hangat dan akan berkembang pesat jika suhu dingin.

Kolam yang mengikuti ekosistem alam ini sudah berjalan sekitar 1 bulan dan bekerja dengan baik karena air tidak berbau menyengat dan tampak ikan air tawar peliharaan sangat nyaman dengan adanya dedaunan kering yang sudah tenggelam dan lapuk didasar air cirinya adalah ikan senang dan selalu berada di tengah ataupun didasar.

Limbah organik serasah daun dan ranting  benar-benar kering dan tidak berbau dan besar manfaatnya jika sudah terlarut dengan air karena zat tanin yang berasal dari tanaman dan tumbuhan dapat membantu melawan bakteri yang merugikan. 

Berikut adalah serasah kering yang admin masukan dalam kolam :

1. Daun pohon sukun.

2. Ranting pohon sukun. (Jangan gunakan ranting sukun 18102023)

3. Serabut kelapa.

4. Daun jati.

Dalam video tampak serasah baru yang belum tenggelam terlihat seperti mengotori kolam akan tetapi jika sudah tenggelam akan membuat ikan dalam kolam seperti pada habitat asli seperti sungai dan danau karena pada umumnya terdapat tanaman air atau dedaunan yang jatuh sampai dasar perairan.


Semoga info pengalaman admin ini bermanfaat.


Kuningan Oktober 2023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan